Use animation! Menarik Perhatian Dengan Menambah Animasi
Web Development
11 February 2022

Apa itu animasi?

Ada beberapa pengertian mendasar mengenai animasi. Ada yang mendefinisikan animasi sebagai perubahan cepat dari gambar yang berurutan, untuk menciptakan suatu ilusi gerakan. Ada pula yang menjelaskan bahwa pengertian dari animasi adalah seni menghidupkan ilustrasi sebuah benda mati atau karakter. Definisi-definisi tersebut sejalan dengan asal kata animasi. Pasalnya, kata ‘animate’ berasal dari bahasa Latin ‘animare’ yang berarti menghidupkan atau mengisi dengan napas.

Kini kehadiran animasi juga dimanfaatkan dalam dunia website. Ya, animasi merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah website. Menambahkan animasi dapat membuat sebuah tampilan website menjadi lebih hidup dan menarik untuk dilihat. Se simple apapun animasinya, hal ini akan sangat membantu

7 Rekomendasi Software untuk Membuat Animasi Tahun 2019 - Warta IPTEK

Dipercaya bahwa manusia merupakan makhluk visual, oleh karena itu sebuah animasi dalam proyek kita dapat menarik pengguna dan membedakan hasil yang telah kita buat dengan buatan kompetitor.  Selain itu, sebuah animasi yang benar, dapat memberi kepuasan tersendiri kepada pengguna dan membantu pengguna dalam memahami penggunaan sebuah website.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang kehadiran animasi dalam sebuah website :

1.  Dapat menjadi video penjelasan

Banyak klien ingin menjelaskan instruksi atau langkah penggunaan produk dan jasanya. Namun, informasi tersebut sering dianggap membosankan. Kita bisa memanfaatkan animasi untuk membuat video penjelasan. Masukkan poin-poin penting dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kemudian, masukkan sentuhan animasi dan storytelling di dalamnya.

2. Pengisi saat loading pages atau waiting 

Ketika membuka sebuah website, kita sering dihadapkan dengan waktu loading yang lama. Agar tidak menjadi bosan, animasi adalah solusi yang tepat. Gunakan animasi untuk membuat loading pages yang menarik.

Dengan loading pages tersebut, kita bisa menunggu sembari melihat animasi yang memanjakan mata mereka.

3. Transisi

Tampilan yang statis dalam sebuah aplikasi atau website tentu saja membosankan. Maka, kaita bisa menambahkan animasi sebagai transisi dalam berbagai keperluanmu, seperti fades, wipes, dan swipes. Hal-hal tersebut terkesan sederhana. Namun, transisi bisa memberikan efek yang menarik pada aplikasi atau website-mu.

4. Iklan

Pernah melihat billboard digital di sepanjang jalan? Nah, biasanya perusahaan juga memanfaatkan animasi dalam billboard tersebut.

Billboard dengan gambar tak bergerak adalah hal yang biasa.

Namun, kamu bisa menarik perhatian pengendara dengan animasi di billboard-mu. Sambil menghadapi kemacetan, mereka akan tertarik untuk melirik dan memahami pesanmu di dalam billboard tersebut.

Dengan atau tanpa sebuah animasi, bukan berarti tampilan menjadi tidak baik. Namun jika bisa menampilkan hasil yang lebih baik, kenapa tidak?

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis