Trend Teknologi 2023 Dalam Web Development
Technology
1 February 2023

Tampilan sebuah website atau sebuah aplikasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, dalam rangka untuk mempresentasikan citra sebuah perusahaan. Dan seiring dengan kemajuan teknologi, tentu saja akan muncul berbagai macam trend dalam bidang UI/UX design, misalnya dalam pengaturan elemen, pemilihan warna, dan juga pemilihan konsep grafis.

Web Development Trend in 2021 | AsiaQuest Indonesia

Berikut adalah beberapa tren UI/UX design yang diprediksi akan semakin populer di tahun 2023 ini :

1. Motion Design

Tampaknya Motion Design akan menjadi primadona di bidang UI/UX bagi kebanyakan Web Developer, karena akan membuat sebuah desain menjadi lebih dinamis dan menarik secara visual. Hal ini tidaklah terlalu mengejutkan karena fakta memang menunjukan bahwa user lebih suka dengan keberadaan micro-interaction, yang akan meningkatkan user experience (UX).

Micro-interaction akan melibatkan user dan membantu user melihat hasil visual dari tindakan yang mereka lakukan dan mencegah kesalahan dalam menggunakan produk. Hal ini kemudian menjadi penting karena dapat mengkomunikasikan antara brand dan value yang dimiliki kepada user, sehingga akan selalu teringat akan brand kita.

2. Elemen 3D

Elemen 3D ini cocok digunakan untuk melengkapi atau mendekorasi sebuah informasi yang akan disampaikan dalam sebuah website maupun sebuah. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Penggunaan Elemen 3D di dalam sebuah website maupun aplikasi , akan menjadi semakin sering  digunakan.

3. Data Storytelling

Selanjutnya, Tren design yang mengusung konsep data storytelling rasanya diprediksi akan semakin populer di bidang UI/UX design. Data storytelling membantu kita untuk menampilkan data kepada user secara efektif. Karena disampaikan secara naratif, user kemudian juga akan lebih mengerti tentang data yang kita sampaikan. Untuk itu, cobalah untuk menghadirkan atau menyampaikan data sesimpel mungkin dalam pesan yang akan kita berikan ke user.

4. Emotional Design

Tren UI/UX design lain yang diprediksi akan populer di tahun 2023 adalah emotional design.

Code & Pepper berpendapat bahwa emotional design memungkinkanmu membangun hubungan yang lebih berarti dengan user. Hal tersebut tentu dapat menambah customer loyalty mereka.

Emotional design memungkinkanmu memberi feedback ke user seputar aktivitasnya. Sehingga, kamu menunjukkan kontenmu seputar hal-hal yang berkaitan dengan dirinya. Beberapa contoh yang termasuk dalam emotional design seperti ucapan selamat dari aplikasi keuangan ke user atas tercapainya tujuan menabung selama 3 bulan.

Website Meteor
Start From
Rp99.999
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis