Tips Untuk Anak IT Agar Tetap Produktif Selama Berpuasa
Content Management
6 April 2023

Kini kita sedang memasuki bulan Ramadhan, yang mengharuskan kita untuk menjalani puasa. Tentu beberapa dari kita akan mengalami perubahan pola gaya hidup seperti jam tidur, jam aktivitas dan jam makan, untuk ikut menjalankan puasa di bulan penuh suci selama 30 hari penuh. 

Bagi Anda yang bekerja di dunia IT, tentu kesehatan menjadi penting agar bisa terus produktif selama berpuasa di bulan Ramadhan. Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa kita sering dihadapkan dengan deadline yang cukup banyak, bahkan hingga harus begadang semalaman untuk mengerjakan coding-coding. Karena itu, Anda harus menjaga tubuh supaya lebih fit agar tetap produktif meskipun sedang menjalani puasa. Berikut adalah beberapa tips agar tetap produktif di bulan Ramadhan. 

  •  

Jangan menunda sahur dan berbuka selama berpuasa! Selama berpuasa, pastikan Anda makan sahur dan berbuka secara teratur. Jangan sampai kinerja kerja kita menurun karena melewatkan makan sahur. Dan saat waktu berbuka puasa tiba, segeralah untuk berbuka. Jika sedang dalam perjalanan, tetaplah dahulukan berbuka puasa, agar tubuhmu menerima cairan dan tidak mengalami dehidrasi. 

  • Jangan Tidur Setelah Sahur

Mungkin salah satu tantangan terberat adalah tetap terjaga setelah sahur. Namun Anda harus berusaha untuk tidak tidur setelah sahur, karena tidur setelah sahur dapat menyebabkan kita justru bangun kesiangan. Akibatnya, kita akan terlambat masuk kerja dan waktu kerja pun menjadi berkurang.

  • Olahraga Ringan

Siapa bilang kita tidak dapat berolahraga saat berpuasa? Meskipun puasa, bukan berarti kamu jadi tidak berolahraga, bahkan berolahraga merupakan hal yang penting karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh, yang merupakan hal penting dalam menjaga produktivitas selama bekerja. Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat bulan puasa adalah yoga, senam lantai, angkat beban, jumping jack, jalan santai, hingga jogging ringan.

  • Tidur Siang

Tips produktif di bulan Ramadhan berikutnya adalah tidur siang. Jika memungkinakan usahakanlah untuk mengambil waktu sejanak agar dapat tidur siang.  Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya ingat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hari, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

  • Disiplin dengan Jadwal 

Tips terakhir adalah disiplin dengan jadwal, karena disiplin adalah kunci utama untuk menjaga produktivitas. Mulailah disiplin dengan jadwal kerja yang sudah Anda susun dan hindari aktivitas yang sekiranya tidak perlu.

Itulah beberapa tips produktif di bulan Ramadhan yang bisa kamu terapkan. Selamat berpuasa ya.

Website Saturnus
Start From
Rp7.999.999
/Project
Website 1 - 8 Halaman
Free Hosting 1 Tahun
Domain Gratis 1 tahun
Design Web Exclusive Company Profile
Akses Admin Panel
Support Tampilan Mobile
Revisi 4x
Waktu Pengerjaan Disesuaikan dengan design
Support Admin dan Maintenance
Gratis Article Website 20 Article
Email perusahaan 10 user
Admin Panel dilengkapi SEO Features
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis