Tips Memperluas Koneksi Dalam Bisnis
Business
13 April 2022

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah bisnis tanpa koneksi, adalah sebuah hal yang mustahil. Karena Koneksi merupakan unsur penting dalam karir dan perluasan bisnis. Dan pada kenyataannya, setiap bisnis akan berjalan lebih lancar jika  memiliki koneksi yang luas.

Salah satu cara untuk memperluas koneksi adalah dengan memiliki atau mengikuti banyak komunitas. Sebab, komunitas merupakan wadah terbaik untuk memperluas dan memperbanyak koneksi Anda, baik yang sedang memulai ataupun yang tengah mengembangkan bisnis.

A Guide to Online Networking

Bergabunglah dengan banyak komunitas, karena dengan memiliki atau mengikuti komunitas, maka otomatis Anda akan mendapatkan banyak koneksi. Namun pastikan bahwa komunitas-komunitas tersebut membawa dampak yang positif pada bisnis Anda. Fokuslah pada komunitas yang memiliki orang-orang yang berpengalaman serta hebat dalam dunia bisnis, sehingga kamu dapat mengambil ilmu dari mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Komunitas, sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan atau memperluas koneksi, merupakan wadah terbaik untuk menambah teman baru. Selain itu, melalui sebuah komunitas, Anda juga dapat memahami bermacam-macam jenis usaha yang dimiliki oleh para anggota di dalamnya.

Memperluas koneksi tentu akan memberikan banyak manfaat dapat Anda peroleh, diantaranya akan mampu secara langsung meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, serta dapat menjadi solusi bagi persoalan bisnis, dan juga dapat menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis.

Cara lain untuk mendapatkan koneksi adalah, dengan memperhatikan personal branding Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kepribadian Anda, yaitu menjadi pribadi yang jujur serta percaya diri. Karena orang yang jujur dan memiliki kepercayaan diri cukup baik, umumnya akan memiliki banyak koneksi, karena orang-orang akan datang sendirinya. Kenapa?. Karena, siapa yang akan menolak memiliki relasi bisnis dengan orang yang jujur dan memiliki rasa percaya diri yang cukup baik, bukan?

The benefits of networking in person and online | Michael Page

Selain itu, ketika bertemu dengan banyak orang, cobalah untuk bersikap luwes, tulus, ramah, namun tidak arogan dan tidak maksa. Dan akhirlah tiap pembicaraan dengan kesan yang menakjubkan, seperti sisipkan  lelucon-lelucon yang menarik perhatiannya.

Semakin luas koneksi yang Anda miliki, tentu, akan semakin berkembang pula bisnis yang Anda miliki. Jadi tunggu apalagi? Kembangkan perluas koneksi Anda mulai dari sekarang.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis