Tips dan trik untuk membuat waktu kerja lebih efisien saat berpuasa
Content Management
13 April 2023

Untuk tetap beraktivitas dan bekerja saat berpuasa di bulan Ramadhan, tentu  memiliki kenikmatan dan juga tantangan tersendiri. Karena disaat bulan puasa, jam makan kita akan berubah, maka akan ada kalanya kita suka mengeluh ataupun lemas saat bekerja. Namun jangan khawatir, berikut adalah  beberapa tips and trik bagi Anda untuk tetap semangat bekerja selama bulan puasa dan membuat waktu kerja lebih efisien saat berpuasa:

  • Saling memberi semangat

Kita harus memiliki niat untuk bekerja dengan semangat dan tetap optimal. Walaupun kita sedang menahan lapar, menahan nafsu, dan lainnya, pastikan Anda tetap memiliki niat untuk bekerja dengan semangat. Semangatilah teman Anda yang terlihat sedang menyerah, dan niscaya mereka juga akan menyemangati Anda saat Anda sedang menyerah.

  • Konsumsi makanan bergizi

Gunakanlah waktu ketika sahur dan berbuka puasa untuk mengisi energi Anda. Namun, bukan berarti porsi makanan yang Anda ambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan justru akan membuat Anda malah mengantuk dan lemas. Pilih menu-menu yang seimbang, dalam artian mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Terutama makanan yang mengandung serat akan dapat membantu menahan rasa lapar. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.

Hindari minuman yang mengandung Kafein secara berlebihan, karena dapat melukai lambung Anda dan membuat Anda sakit.

  • Atur Jam kerja dan jam tidur

Anda pemilik tubuh Anda sendiri, Jadi kenalilah kapasitas tubuhmu sendiri. Ada dua jadwal tidur yang perlu kamu atur. Pertama adalah saat malam, jika kamu punya kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu hindari di bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena kamu akan bangun lebih awal dari bulan-bulan lainnya.  Kedua adalah saat setelah sahur dan salat subuh. Ada baiknya kalau Anda tidak melanjutkan tidur, karena bisa-bisa Anda malah merasa tidak segar ketika terbangun. Lebih baik Anda mengisi waktu dengan berolahraga atau refreshing. Jika waktu kerja Anda di pagi hari, seperti jam 7-9, berangkatlah segera.

Poin penting dari bulan puasa adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong. Jika sebelumnya kamu sulit untuk beribadah secara rutin, ini adalah bulan yang tepat untuk kamu memperbaiki ritme beribadah. Terakhir, lakukan dengan ikhlas kegiatan beribadah ini.

  • Selingi kerja Anda agar tidak bosan dan tidak lemas

Di bulan puasa ini, manfaatkan jam istirahat makan siang untuk dengan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri Anda. Kegiatan seperti olahraga, dapat membuat Anda merasa segar dan relaks. Atau cobalah berjalan-jalan di lingkungan kantor, dan sesekali ngobrol dengan rekan sekantor. Jika kantor Anda memiliki fasilitas seperti bermain billiard, menonton tv, bermain video game, manfaatkanlah untuk refreshing. Bisa juga Anda mengisinya dengan tidur siang, selama 20-30 menit. Dengan begitu Anda akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Website Saturnus
Start From
Rp7.999.999
/Project
Website 1 - 8 Halaman
Free Hosting 1 Tahun
Domain Gratis 1 tahun
Design Web Exclusive Company Profile
Akses Admin Panel
Support Tampilan Mobile
Revisi 4x
Waktu Pengerjaan Disesuaikan dengan design
Support Admin dan Maintenance
Gratis Article Website 20 Article
Email perusahaan 10 user
Admin Panel dilengkapi SEO Features
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis