Teknologi VR, AR dan MR Apakah Perbedaannya? Kenali Detail Informasi Tersebut
Technology
20 December 2021

Kehadiran teknologi VR, AR, dan MR dapat mengubah dunia, dan dapat meningkatkan interaksi antar manusia. Saat ini, segala teknologinya tersebut sudah tersedia dan teknologi tersebut memiliki potensi pasar yang sangat besar. 

Mari kita kenali masing-masing teknologi tersebut, agar kita dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Virtual Reality

VR, atau Virtual Reality adalah teknologi yang dapat menghadirkan dunia virtual di depan mata kita, dan bahkan dapat berinteraksi dengan apa yang ada dalam dunia maya, yang disimulasikan oleh komputer . Teknologi yang hebat ini, dapat membuat kita akan berpikir bahwa bayangan virtual tersebut itu adalah sungguh nyata. 

Teknologi canggih dari virtual reality ini sudah mendapat pasaran yang luas di Indonesia. Kini, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk model belajar dan bermain games.

What's the difference between VR, AR and MR? | AR/VR/MR Conference

Cara Kerja dari Virtual Reality ini adalah menggunakan alat berbentuk seperti kacamata. Melalui kacamata tersebut, kita akan melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer.

Augmented Reality

Augmented Reality, atau AR, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman.

Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.

Mixed Reality

Teknologi yang terbaru ini, memungkinkanmu untuk menggunakan teknologi AR dalam kehidupan sehari-hari. Mixed reality adalah perpaduan dunia fisik dan digital, yang membuka hubungan antara interaksi manusia, komputer, dan lingkungan.

Secara sederhana berikut adalah perbedaan mendasar dari ketiga teknologi tersebut

VR : Melihat dan merasakan sesuatu secara virtual.

AR : Menghadirkan dunia virtual ke dalam dunia nyata. Contohnya game pokemon Go, dimana kita dapat menemukan elf di lingkungan nyata melalui tangkapan layar ponsel.

MR :  Memasukkan dunia nyata ke dalam dunia virtual. Salah satu contoh pemanfaatan mixed reality adalah pembelajaran interaktif di bidang kesehatan. Dengan teknologi ini, kita dapat menemukan berbagai lapisan tubuh manusia. Kita dapat menggunakan hologram tiga dimensi dalam lingkungan virtual untuk lebih memahami anatomi manusia.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis