Protokol Kesehatan Yang Harus Diperhatikan Saat Pulang Ke Rumah Setelah Berpergian Di masa Covid-19
Life Style
7 October 2021

Virus corona atau Covid-19 terjadi pada akhir bulan tahun 2019 di kota Wuhan China dan mulai menyebar di Indonesia pada awal bulan tahun 2020. Hingga saat ini jumlah masyarakat  yang terpapar virus Covid-19 terus menambah. Dari awal adanya penyebaran virus yang terus membuat bertambahnya yang terpapar, pemerintah Indonesia telah memberi perintah kepada masyarakat Indonesia agar tetap di rumah saja dan juga pemerintah telah membuat beberapa kebijakan yang bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 seperti sekolah yang melakukan pembelajaran melalui online (Daring), pekerja yang melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH),  penutupan tempat beribadah hingga tempat wisata yang ditutup sementara.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak masyarakat yang harus tetap melakukan beberapa kegiatan di luar rumah seperti membeli kebutuhan makanan, obat-obatan hingga urusan yang sangat mendesak bahkan ada yang beberapa pekerja yang harus melakukan pekerjaannya di luar rumah.  Oleh karena itu, untuk mencegah penularan virus corona di luar rumah, saat di luar rumah masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan interaksi. 

Sesampai di rumah pun kita juga harus tetap mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah, oleh karena itu, adapun protokol kesehatan yang harus kita perhatian untuk di rumah berdasarkan informasi dari menteri kesehatan Indonesia, yaitu :

1. Melepas alas kaki sebelum masuk rumah

Virus corona bisa saja menempel pada sepatu atau sandal yang telah di pakai saat di luar rumah. Oleh karena itu sebaiknya kita melepas sepatu atau sandal sebelum masuk ke rumah.

2. Mencuci tangan setelah bepergian

Sebelum menyentuh apapun sebaiknya kita mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari virus atau kuman yang menempel di tangan. Gunakan sabun dan cuci tanganmu minimal 20 detik di air yang mengalir.

3. Memisahkan barang  yang dibawa saat bepergian

Pisahkan semua barang yang dibawa saat berpergian atau barang yang dibawa dari luar dan letakkan di satu tempat semprot dengan menggunakan cairan disinfektan.

4. Melepaskan pakaian yang di pakai saat berpergian

Pakaian yang digunakan saat bepergian dari luar rumah harus segera di lepas dan dicuci dengan detergen. 

5. Segera Mandi

Bersihkan seluruh tubuh dari ujung kepala hingga kaki untuk menghindari virus atau kuman yang menempel.

Untuk melindungi keluarga yang ada di rumah saat pandemi ini kita harus melakukan protokol kesehatan saat di luar rumah maupun saat tiba di rumah yang dianjurkan oleh pemerintah dan juga membantu memutuskan rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis