Perlunya Evaluasi Diri. Tanyakan Pertanyaan Ini Pada Diri Sendiri
Life Style
30 June 2022

Setiap hari seorang manusia pasti pernah berbuat salah. Karena seorang manusia, tidak bisa terlepas dari kesalahan. Namun,  pribadi yang baik adalah ia yang mau belajar dari kesalahannya. Cara terbaik untuk belajar dari kesalahan adalah dengan mengevaluasi diri setiap hari. 

Evaluasi diri sendiri menjadi poin penting yang seharusnya Anda lakukan. Cobalah dengan memulai bertanya kepada diri sendiri, apakah sesuatu yang Anda lakukan hari ini merupakan sesuatu yang benar atau salah.

Employee self-evaluation: 7 tips to assess your own performance

Kenapa Perlu Evaluasi Diri?

Untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan dan keinginan Anda penting untuk melakukan evaluasi diri. Mulai besok awali bangun pagi Anda dengan benar- benar memikirkan apa tujuan Anda hari ini.

Apa yang ingin Anda lakukan hari ini? apa yang ingin Anda capai hari ini? sudahkan Anda menemukan cara untuk mencapai tujuan Anda hari ini?

Pertanyaan-pertanyaan sesimpel itu ajukan terhadap diri Anda sendiri. Jika apa yang Anda rencanakan belum tercapai di situlah Anda perlu melakukan evaluasi diri.

Hidup itu harus mempunyai makna dan tujuan yang jelas agar Anda memiliki arah dalam hidup Anda. Bagaimana jika Anda hidup  tanpa tujuan dan arah tersebut.

Pertimbangkan Pertanyaan-Pertanyaan Ini

Ketika Anda memiliki tujuan dalam hidup Anda, ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan terhadap diri Anda sendiri. Karena tujuan hidup seseorang haruslah sesuatu yang positif dan tidak merugikan orang lain.

Apakah Anda melakukan tujuan tersebut untuk kenyamanan palsu?

Ada segelintir orang yang memilih untuk mencapai keinginan diri berdasarkan tuntutan hidup alias bukan untuk kenyamanan diri yang sebenarnya.  Misalnya tujuan hidup high class.

Contoh tersebut merupakan keinginan diri akan sesuatu yang palsu. Jika hal ini terjadi maka, sudah waktunya Anda harus melakukan evaluasi diri untuk memutuskan apa yang Anda benar-benar inginkan?

Tujuan Anda tidak tercapai? Penyebabnya apa?

Ketika Anda memutuskan untuk mencapai sesuatu yang besar hari ini dan Anda tidak berhasil meraihnya maka, sudah waktunya Anda melakukan evaluasi diri.

Tanyakan kembali kepada diri Anda, apa penyebab tujuan yang Anda inginkan tidak tercapai? Apakah Anda kurang berusaha, atau mungkin apa yang Anda inginkan tidak bisa terjadi dalam waktu singkat.

Jangan langsung menyerah kepada apa yang benar-benar menjadi keinginan Anda. Karena evaluasi diri akan selalu terjadi dalam setiap waktu.

Setelah Anda mendapatkan jawaban dari penyebab kegagalan Anda dalam mencapai apa yang benar- benar Anda inginkan hari ini selanjutnya perbaiki dan berusaha lagi. Cobalah dengan cara yang lebih unggul dari cara yang sebelumnya.

Itulah beberapa pertanyan yang bisa Anda pikirkan sebagai bentuk evaluasi diri.  Daripada lebih sering mengevaluasi orang lain, alangkah lebih baik evaluasi diri Anda dahulu. Kembali lagi jangan lupa untuk membiasakan evaluasi diri sendiri akan apa yang Anda lakukan hari ini.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis