Memahami Design Proportion Golden Ratio
Web Development
8 March 2022

Menilai ketampanan dan kecantikan wajah seseorang memang subjektif. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa ada beberapa sosok yang memang dapat dikategorikan sebagai seseorang yang sangat rupawan oleh mayoritas orang. Nah, ketika seseorang tersebut dianggap rupawan oleh mayoritas orang, dipercaya bahwa wajah dari orang tersebut sesuai, atau setidaknya hampir sesuai, dengan golden ratio wajah.

Golden ratio wajah adalah rumus yang bisa digunakan untuk melihat apakah kondisi wajah seseorang ideal atau tidak. Jika hitungan (ukuran) dari dahi, mata, tulang pipi dan lain sebagainya cocok dengan rumus ini, kemungkinan besar pria atau wanita tersebut akan dianggap rupawan. 

Rumus rasio emas ini ternyata sudah dipakai sejak lama, yakni zaman Renaisans Eropa. Kala itu, banyak sekali seniman dan arsitek yang menggunakan rumus rasio emas untuk memetakan dan menghasilkan karya seni mereka. 

Sebenarnya, apa itu Golden Ratio, dan apakah ada hubungannya antara golden ratio dengan pembuatan suatu desain?

Secara teori, golden ratio adalah nilai matematis dari dua objek yang rasionya sama dengan ketika kedua objek tersebut digabungkan.  Perhitungan ini didasarkan dari deret Fibonacci, dimana merupakan suatu deret angka yang nilai setelahnya, adalah  penjumlahan  dari  angka sebelumnya.

Detail Fibonacci Deret Angka Yang Dianggap Sebagai Angka Tuhan

Deret fibonacci sendiri adalah 0,1,1,2,3,5,8,13,21,… dan seterusnya, yang setelah  dilakukan suatu perhitungan, maka akan ditemukan nilai 1,618

Sebagai desainer, untuk dapat membuat sesuatu yang lebih menarik dan terlihat hidup, maka kamu perlu menerapkan golden ratio dalam desain yang dibuat. Kita cukup mengalikan ukuran suatu elemen senilai 1,681, maka kita akan mendapatkan komposisi sesuai dengan golden ratio dalam desain.

Berikut adalah penerapan golden ratio dalam beberapa elemen desain.

  • Golden Ratio dalam Tipografi

  • Golden Ratio dalam Logo

  • Golden Ratio dalam Layout

Golden ratio dapat menjadi  metode  yang berguna bagi seorang desainer. Karena dengan penggunaan Golden ratio akan menghadirkan keseimbangan alami dan harmoni visual, serta akan memberikan daya tarik estetika yang tak terbantahkan.  Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis