Kenali deep web,surface web, dark web. Ketahui perbedaannya!
Technology
22 August 2022

Tidak dapat dipungkiri bahwa kini internet telah menjadi bagian yang penting dalam keseharian kita. Karena seiring dengan kemajuan teknologi, maka kehadiran internet pun semakin mudah ditemukan dalam tiap aspek kehidupan kita. Mulai dari dunia pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan sosial kita.

Apa itu Deep Web ? Macam Mana Nak Akses ? - Sang Ilusi

Dan semakin hari, istilah-istilah yang digunakan atau yang berhubungan dengan dunia internet pun semakin banyak. Contohnya saja Deep Web, Surface Web, dan Dark Web. Apakah Anda familiar dengan istilah-istilah tersebut? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

  • Yang pertama, Surface Web. Secara harfiah, kita dapat mengartikan surface yang berasal dari bahasa inggris yang berarti permukaan. Sehingga kita dapat menganggap surface disini berarti sesuatu yang dapat dilihat, atau juga berarti hal-hal yang muncul di permukaan. Maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa Surface Web adalah semua situs yang dapat diakses dengan mudah, baik melalui mesin pencari seperti google search ataupun bing dan yahoo search, dan juga informasi-informasi lain yang dapat kita temukan di media-media sosial seperti instagram, facebook, dan lainnya.
  • Berikutnya, Deep Web. Tidak seperti Surface Web yang muncul di permukaan, Deep Web ini merupakan situs-situs yang tidak dapat diakses oleh semua orang. Situs-situs tersebut tidak dapat diakses oleh semua orang bukan karena sifatnya yang ilegal, namun karena konten tersebut merupakan data yang bersifat ‘pribadi’ atau rahasia. Contohnya, pesan-pesan yang tersimpan di email, data-data yang tersimpan di cloud, atau informasi-informasi pribadi yang ada di akun media sosial, yang hanya dapat diakses dengan menggunakan password.

 

 

  • Yang terakhir, Dark Web. Sama seperti Deep Web, Dark Web juga tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari, atau tidak dapat diakses oleh semua orang. Namun berbeda dengan Deep Web, mengakses Dark Web merupakan kegiatan yang bersifat ilegal dan tidak aman untuk konsumsi publik. Berikut adalah beberapa aktivitas yang termasuk kegiatan Dark Web:
  • Jual beli malware

  • Menjual informasi pribadi/rahasia yang dicuri

  • Melakukan praktik transaksi prostitusi

  • Mendapatkan narkoba

Tentu saja dari keseluruhan penjelasan diatas, Dark Web merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Karena selain berpotensi mendapatkan ancaman dari malware-malware, kegiatan tersebut tentu saja berpotensi untuk bertentangan dengan hukum dan undang-undang di negara Indonesia. Internet dapat memberikan banyak hal positif jika kita bijak dalam menggunakannya, maka bijaksanalah dalam menggunakan internet.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis