Jenjang pekerjaan IT Paling Popular
Technology
16 November 2021

Seperti yang kita ketahui bersama, kita hidup di era Revolusi Industri 4.0. Di era revolusi ini, dunia kita seakan-akan diselimuti teknologi. Hampir semua hal menggunakan teknologi.

Terlebih, kini kita bersiap untuk masuk di era society 5.0, dimana kemampuan yang dibutuhkan di masa-masa depan, adalah: kemampuan kognitif, soft skill, dan teknologi. Untuk itu, mulai sekarang Anda bisa upgrade skill kemampuan diri agar dapat bersaing di masa depan.

Pekerjaan IT: Pahami Daftar Lengkapnya di Sini - Glints Blog

Berikut adalah beberapa pekerjaan IT paling populer: 

1. Software Developer

Menjadi seorang software developer, merupakan pekerjaan yang dipastikan akan ‘laris’ di masa depan. Hampir semua perusahaan dan bisnis saat ini menggunakan software (perangkat lunak) untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Contoh saja software absensi, komunikasi, pengelolaan karyawan, inventaris barang, akuntansi dan software custom lainnya.

2. Web Developer

Web developer memiliki tugas membuat website untuk berbagai keperluan. Sebenarnya, web developer masih dapat dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu: frontend developer, backend developer, full stack developer.

3. Mobile Apps Developer

Smartphone kini bukanlah lagi menjadi barang mahal, bisa dipastikan bahwa semua orang memilikinya. Tentunya kebutuhan akan aplikasi smartphone juga akan semakin meningkat, untuk itu profesi seorang mobile apps developer semakin banyak dicari.

Ada dua sistem operasi yang banyak digunakan untuk pengguna smartphone yaitu Android dan iOS. Keduanya memiliki perbedaan terutama bahasa pemrograman yang digunakan. Untuk android app developer menggunakan pemrograman Java atau Kotlin, sedangkan untuk iOS menggunakan bahasa Objective-C atau Swift. Tinggal pilih Anda mau menjadi mobile apps developer android atau iOS.

4. Game Developer

Suka main game? Nah daripada main game lebih baik belajar menjadi seorang game developer saja. Saat ini banyak perusahaan game dev yang membuka lowongan programmer khusus game. Game memang menjadi industri yang menjanjikan dengan target market yang beragam. Untuk skill yang dimiliki harus memiliki pemrograman yang kuat, problem solving, creative dan lainnya.

5. UI/UX Designer

Seorang User Interface (UI) adalah memiliki tugas untuk mendesain tampilan yang bisa Anda lihat secara langsung. UI bisa bekerja pada bidang pemrograman manapun sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk User Experience (UX) lebih ke experience pengguna, jadi setiap langkah yang dilakukan tidak membingungkan, berjalan secara logis dan jelas. Seorang UI/UX selain harus memiliki basic skill pemrograman juga harus memiliki jiwa seni dan keindahan. 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis