Jasa Pembuatan Website Tatto
Web Development
13 June 2022

Dulu, keberadaan tato selalu dikaitkan dengan stigma negatif di mata masyarakat. Bahkan kala itu, sempat pemerintah gencar untuk menghilangkan keberadaan tato hingga ke akar rumput di masyarakat.

Karena tidak jarang, beberapa kelompok preman menjadikan tatto sebagai identitas kelompoknya, sehingga akhirnya pemerintah pun menjadikan tato sebagai indikator sebuah  stigma negatif. Dalam penggunaannya, tato merupakan simbol kekuasaan dan kekuatan yang kerap dikaitkan dengan kekerasan.

Sebenarnya, untuk beberapa daerah di Indonesia, tato dipakai oleh masyarakat adat sebagai simbol kelompok, salah satunya adalah suku Dayak. Bagi suku Dayak, tato merupakan sesuatu yang tak terpisahkan dari tubuh mereka, dan menjadi sesuatu yang sakral sehingga dikaitkan dengan ritual maupun prosesi yang dijalankan.

Bagi suku Dayak sendiri, sebuah tato memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari penanda kepemilikan, jimat untuk menjaga dari roh jahat, penghargaan atas jasa keberanian di medan perang, hingga menjadi status sosial di kelompoknya. Sementara bagi perempuan Dayak sendiri, memiliki tatto berarti dirinya telah siap untuk menikah.

Lalu, seiring dengan berjalannya waktu, kini tattoo mengalami pergeseran makna. Jika yang semula dipandang negatif oleh masyarakat, lalu bergeser makna menjadi sebuah seni yang memiliki nilai artistik. 

Terlepas dari reduksi makna yang terjadi, setiap individu berhak untuk mengenakan tato sebagai salah satu bagian dari ekspresi dan pembentukan identitas diri. Asalkan, pengguna tetap bertanggung jawab dengan penggunaan tato yang ada agar sarana ekspresinya tersebut tak lantas malah balik menyakiti entitas lain.

Blackdot - A PSD Template for Tattoo Studios and Tattoo Artists by  dropletthemes

Kini tidak jarang bagi kaum milenial untuk memiliki tato di atas tubuh mereka sebagai bentuk seni. Karena kesibukan, biasanya mereka mencari secara online seperti Jasa Pembuatan Website Tatto, tempat-tempat tato yang menawarkan jasa tato. Biasanya mereka mencari dan membuat janji temu melalui website-website. Di website tersebut, mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai pilihan-pilihan gambar, atau testimoni dari para customer sebelumnya

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis