Ingin Artikel Anda Cepat Muncul? Simak Tips Tentang Google Search Console Berikut
Web Development
7 February 2022

Mungkin beberapa dari Anda masih kerap bertanya-tanya, mengapa artikel yang Anda buat dan publish di website, cenderung tetap “tenggelam” alias tidak muncul di mesin pencari? Seperti yang kita ketahui bersama, Keuntungan yang kita dapatkan jika artikel kita berada di urutan teratas, adalah dapat meningkatkan trafik pengunjung, sehingga website kita akan semakin dikenal oleh banyak orang. Memang, banyaknya jumlah artikel yang dipublish memang dapat membuat website Anda mengalami kenaikan trafik. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara pintar lainnya, untuk mempercepat website Anda mendapatkan kenaikan trafik yang signifikan?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Search Console. Dikutip dari laman google, Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Google Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda. 

Indexing: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Index Google - Glints Blog

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam dunia website kita sudah akrab dengan istilah SEO Search Engine Optimization. Untuk SEO itu sendiri, berkaitan dengan 3 komponen penting yaitu Indexing, Crawling, dan Ranking. Yang perlu diketahui,  dalam aktivitas blogging atau mempublish artikel, faktor indexing menjadi sangat penting. Mengapa? Karena Indexing adalah proses mesin pencari menyimpan seluruh informasi/konten pada situs tersebut. Jadi jika sebuah website tidak terindeks dengan baik, situs tersebut akan sulit muncul di search engine result page (SERP).

Jadi, sesering apapun Anda mempublish artikel, website Anda akan tetap “tenggelam” dan tidak muncul di mesin pencarian, jika tidak menggunakan trik Google Search Console. Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Google Console:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.

  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.

  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.

  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.

  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.

  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Mudah-mudahan pembahasan diatas, cukup membantu Anda agar website Anda semakin ramai pengunjung.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis