Ingat Pentingnya Untuk Selalu Backup Data
Technology
10 February 2022

Coba bayangkan, jika data-data pekerjaan yang telah Anda kerjakan dengan susah payah dalam waktu yang lama, tiba-tiba rusak atau hilang. Tentu hal ini akan sangat menyebalkan bukan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah backup data.

Di dunia teknologi, kita mengenal dengan istilah “backup”, yaitu melakukan proses pencadangan data, dengan cara menyalin data tersebut di tempat lain, sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Ada 2 fungsi utama dalam melakukan backup. Pertama, untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Kedua, untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Dengan melakukan backup, maka ketika salah satu media penyimpanan rusak, hilang, atau terkena virus, data-data yang penting, yang dimiliki, tidak ikut hilang, tidak rusak, serta kapanpun dan dimanapun tetap dapat diakses dengan mudah.

Oleh karena itu, disiplin dalam melakukan backup data secara berkala harus menjadi perhatian kita. Karena kita tidak pernah tahu tentang apa yang akan terjadi pada data kita, maka dari itu, sebaiknya kita selalu melakukan backup data.

Wolkige Backups, rasche Recovery | Backup, Storage

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, backup adalah proses duplikasi atau menyalin data atau file, dari satu perangkat atau media penyimpanan ke media sekunder. Dulu, media-media yang dapat digunakan untuk menyimpan data sebagai backup data hanyalah media yang berupa flashdisk atau hardisk eksternal.

Namun kini, kita bisa menyimpan data-data kita secara sistem cloud, alias dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan data 

  1. Klik ikon “Start”

  2. Pilih opsi “Settings”

  3. Klik “Update & Security”

  4. Klik tab pada menu “Backup”

  5. Pilih “Backup using file history di ikon “Add a Drive”

  6. Klik nama device, misalnya “Local Disk (D:)”

  7. Kemudian, klik “more options”

  8. Pilih “Back up now” untuk backup data Anda dari PC ke Hard Drive

Masih banyak lagi cara menyimpan data secara digital. Kini sudah tahu kan, pentingnya membackup data Anda? So, always remember to backup your data ya

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis