Hemat Anggaran Bisnis anda dengan SaaS (software as a service)
Technology
6 January 2023

Dalam perkembangan dunia digital dan revolusi industry 4.0, Software as a Service (SaaS) adalah bagian tak terpisahkan dari pengembangan bisnis anda. Sat ini tidak sedikit perusahaan yang menjadikan aplikasi SaaS sebagai pilihan untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan lebih hemat. Dengan bantuan Jasa pembuatan SaaS, perusahaan Software bandung, Vistek.id akan membantu anda membangun bisnis dengan memanfaatkan SaaS. Tentunya dengan pemanfaatan SaaS dalam bisnis Anda maka anda akan menggunakan aplikasi yang lebih baik dan lebih hemat.

Apa Itu SaaS?

SaaS (Software as a Service) adalah salah satu jenis layanan berbasis komputasi awan atau cloud computing yang menyediakan software siap pakai untuk penggunaan online.

SaaS juga dikenal dengan sebutan web-based software, on-demand software, atau hosted software. Kenapa demikian?

SaaS menyediakan layanan yang bisa diakses melalui browser atau aplikasi dengan tampilan browser. Selain itu, hanya pengguna yang terdaftar dalam layanan yang bisa menggunakannya melalui otentikasi berupa username dan password.  Dengan bantuan  perusahaan jasa Software as a Service, anda dapat menentukan SaaS seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan anda. 

Yang paling penting, pengelolaan SaaS dilakukan oleh penyedia layanan sehingga pengguna tinggal memanfaatkan tanpa repot install sendiri.

SaaS integration: a guide to more efficiency | Locoia

Sebagai layanan cloud computing, komponen SaaS seperti server terpusat pada sebuah data center tertentu yang bisa diakses online.

Layanan cloud computing sendiri terdiri atas tiga jenis, yakni SaaS, IaaS, dan PaaS. Perbedaan antara ketiganya ada pada bentuk layanan yang disediakan.

Bagaimana Karakteristik SaaS?

SaaS memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan software pada umumnya, yaitu:

1. Dikelola Terpusat untuk Banyak Pengguna 

Berbeda dengan software biasa, SaaS dikelola secara terpusat dan tersinkronisasi. 

Pengguna bisa mengakses SaaS menggunakan infrastruktur yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Jadi, tidak perlu memiliki perangkat sendiri dan melakukan instalasi manual.Dengan SaaS, pengguna juga bisa berkolaborasi mengerjakan satu file yang sama di waktu yang bersamaan.

2. Akses Berbasis Internet

SaaS memang diciptakan untuk memberikan layanan secara online. Itulah kenapa infrastruktur cloud dibangun untuk memungkinkan akses berbasis internet. 

Dengan demikian, ketika Anda tidak memiliki koneksi internet yang cukup baik, penggunaan SaaS tentu kurang optimal.

3. Penyimpanan Cloud

Bukan hanya aksesnya, semua data yang digunakan selama menggunakan layanan SaaS juga tersimpan di server utama. 

Dengan sistem penyimpanan cloud ini, pengguna bisa mengakses data mereka dari mana pun dan kapan pun. Bahkan bisa menggunakan berbagai perangkat berbeda asal dapat masuk ke sistem dengan cara login.

Artinya, data bisa diakses lebih mudah dan risiko data hilang ketika disimpan di salah satu perangkat menjadi lebih kecil.

Apa Kelebihan SaaS?

Beberapa alasan mengapa banyak orang memilih layanan SaaS dibandingkan layanan software biasa adalah :

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Karena aplikasi SaaS dikelola oleh vendor, pengguna tidak perlu melakukan instalasi yang ribet dan memakan waktu.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu pusing memikirkan, update, ataupun perbaikan aplikasi jika terjadi kerusakan. 

Dengan kata lain, waktu yang ditujukan untuk mengurus aplikasi ini bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain yang lebih produktif.

2. Mengurangi Kebutuhan Tempat Penyimpanan

Ketika menggunakan software biasa, instalasi dilakukan di ruang penyimpanan laptop atau komputer. Kalau penyimpanan di perangkat penuh, Anda tentu harus mengupgrade dengan perangkat penyimpanan berkapasitas lebih besar.

Pada layanan SaaS, hal itu tidak perlu dilakukan karena ruang penyimpanan sudah menjadi tanggung jawab penyedia layanan dan dipastikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

3. Mempermudah Akses

Selama pengguna memiliki koneksi internet, aplikasi SaaS dapat diakses kapanpun dan dimanapun. 

Ditambah lagi, SaaS juga bisa diakses oleh pengguna dari banyak perangkat sekaligus. Hal ini tentunya penting bagi pengguna yang sering bepergian dengan berbagai perangkat berbeda seperti smartphone dan laptop atau PC.

4. Mempermudah Proses Analisis Data

Dengan penyimpanan data yang terpusat, proses pengelolaan data pada SaaS jadi lebih mudah. Apalagi, pihak vendor SaaS umumnya menyediakan tools bagi pengguna untuk menganalisis data dengan tujuan untuk menentukan strategi terbaik untuk bisnisnya.

5. Terupdate Secara Otomatis

Kelebihan SaaS yang cukup penting adalah update software yang akan otomatis dilakukan oleh penyedia layanan dan akan dinikmati oleh pengguna.

Kondisi ini dapat membantu meningkatkan keamanan penggunaan software dengan versi terbaru, sekaligus memastikan setiap fitur terbaru dapat dinikmati oleh semua pelanggan. 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis