Hal Yang Harus Dilakukan Agar Data Di Media Sosial Kita Aman
Technology
8 April 2022

Kini kita telah memasuki era Industri 4.0, yang merupakan istilah umum untuk menjelaskan tingkat perkembangan industri teknologi di dunia. Dan di tingkatan yang keempat ini, dunia memiliki fokus lebih terhadap teknologi-teknologi yang bersifat digital.

Hal ini pun ternyata berdampak kepada keseharian kita dalam bermasyarakat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kini media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari

6 Tips for Protecting Your Social Media Accounts - HackControl

Namun tahukah kamu bahwa media sosial yang kamu miliki dapat menjadi alat bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan? Dan dikarenakan oleh peningkatan kejahatan di dunia maya, maka keamanan siber pun menjadi prioritas dari berbagai platform media sosial yang ada.

Pun demikian, kita sebagai para pengguna media sosial juga wajib menjaga dan memperhatikan keamanan media sosial yang kita miliki. Jangan sampai media sosial kita, dijadikan celah bagi mereka yang memiliki niat jahat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar media sosial kita aman :

01. Gunakan password alias kata sandi yang tidak mudah ditebak

Dalam membuat kata sandi yang unik dan tidak mudah ditebak, kamu bisa menggunakan kombinasi dari karakter, angka, huruf, dan simbol, alih-alih menggunakan inisial, tanggal lahir, bahkan nomor telepon atau kode pos.

02. Aktifkan autentikasi dua faktor

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan data pribadi di media sosial adalah dengan mempersulit cara masuk ke akun media sosial kamu. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan two-factor authentication.

Fitur two-factor authentication ini akan memintamu melakukan konfirmasi apabila kamu masuk ke akun. Misalnya, kamu ingin masuk ke e-mail melalui komputer. Fitur ini akan mengirim pesan ke nomor ponselmu apakah kamu benar-benar mencoba masuk.

03. Jangan bagikan atau mengupload informasi pribadi

Kemudian, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan data pribadi di media sosial adalah menghindari pembagian informasi yang bersifat pribadi. Lalu, hal apa saja yang sebaiknya tidak diunggah di media sosial? Berikut rinciannya: 

  • Tanggal lahir

  • Nomor KTP

  • Nomor telepon

  • Foto KK

  • Nama lengkap anggota keluarga

  • Password/PIN

  • Nomor rekening

  • Lebih selektif dalam memilih pertemanan di dunia maya

Tips yang terakhir, sebaiknya kamu hanya mengikuti akun-akun atau orang-orang merupakan orang terdekat atau terpercaya saja. Selain mengikuti akun yang kamu pastikan kenal, sebaiknya kamu hanya mengikuti akun-akun yang menyebarkan informasi positif dan bermanfaat.

Selain relatif lebih aman, hal ini juga bertujuan untuk melindungi kestabilan emosional dan psikologis kamu agar tetap bebas dalam melakukan interaksi dengan orang tersebut.

Semoga bermanfaat ya Searcher!

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis