Design Web Lebih mudah Dengan Font Icon
Web Development
10 March 2022

Ada dua faktor penting yang dapat membuat website Anda sukses untuk mampu mendapatkan trafik dalam jumlah tinggi, yaitu: konten website yang berkualitas dan desain website Anda harus unik serta menarik. Keduanya saling berhubungan, karena walaupun konten website Anda berkualitas, namun desain website yang Anda sajikan tidak rapi alias berantakan, hal ini akan mempengaruhi minat baca para pengunjung situs. Kemungkinan besar mereka tidak akan melanjutkan membaca konten, jika desain web yang Anda sajikan justru ‘merusak’ pandangan mata mereka.

Salah satu cara untuk memiliki desain yang unik serta menarik, adalah dengan menggunakan font icon. Font icon merupakan font yang direpresentasikan dalam bentuk icon-icon tertentu, untuk memperjelas informasi dari suatu fungsi tertentu. Dengan menggunakan font icon, akan mendukung style tampilan atau desain suatu website.

10 Icon libraries gratis terbaik. Untuk UI Design and Web Design Project |  by Dalih Rusmana | UX Orbit Design | Medium

Font icon biasanya dapat ditemukan dalam tampilan sebuah aplikasi, website, atau desain lainnya. Dengan menggunakan icon-icon dalam tampilan sebuah website, tentunya akan membuat visualisasi dari sebuah web akan menjadi tampak lebih informatif dan menarik serta tentunya lebih jelas 

Berikut adalah beberapa alasan, mengapa kehadiran atau penggunaan font icon dinilai lebih efektif dalam sebuah website :

  • Flexible, karena ukuran icon dapat diatur sesuai keinginan dengan menggunakan CSS, font-size.

  • Responsive, karena gambar icon tersebut tidak akan pecah ketika di-resize zoom out, karena biasanya file font icon akan tersimpan dalam bentuk SVG (Scalable Vector Graphics).

  • Hemat memory pada hosting, apabila kita menggunakan UTF-8, maka 1 character = 8 bit. Dibandingkan jika kita menggunakan Gambar, yang dapat berukuran 1 KB bahkan lebih, tergantung dengan kualitas, dan ukurannya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada cepat lambatnya kecepatan loading suatu halaman website.

Khusus bagi kalian para web designer, kini, kita bisa mendapatkan font icon secara online di beberapa situs online, seperti:

  • Font Awesome

Situs yang paling sering digunakan oleh banyak desainer ini, menawarkan icon-icon berupa font yang telah dimuat menjadi framework css yang bisa digunakan dalam front-end development.

  • Fontello

Menawarkan platform sederhana yang dapat digunakan untuk menghasilkan font icon secara custom.

  • FlatIcon

Flaticon adalah salah satu situs penyedia icon gratis yang memiliki banyak pilihan icon. Selain keren dan up to date, Flaticon juga memiliki keren, seperti fitur ‘add to collection’ yang bisa kita gunakan untuk mengumpulkan terlebih dahulu beberapa icon yang kita butuhkan di panel collection, yang kemudian bisa kita download sekaligus.


Mudahan-mudahan dengan informasi diatas, dapat membuat website Anda menjadi lebih keren.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis