Berikut Singkatan-singkatan Dalam Dunia Teknologi Yang Sering Disebutkan
Technology
14 December 2021

Teknologi dan kecanggihannya kini sudah sangat mudah kita gunakan dan dapat kita nikmati di mana saja. Mungkin di telinga kita sudah sering mendengar atau akrab dengan istilah atau singkatan, seperti internet, wi-fi, GPS dan banyak lainnya. Tetapi masih banyak dari kita masih yang tidak mengetahui apa arti dari singkatan-singkatan yang ada di dunia teknologi tersebut. 

Berikut beberapa kepanjangan dari singkatan atau akronim yang sangat sering kita dengar.

  • Google : Global Organization of Oriented Group Language of Earth

Pada awalnya, penamaan Google merupakan sebuah ‘kecelakaan’, karena sebenarnya Larry dan Sergey menamakannya Googol. "Googol" merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Namun karena ada salah penulisan, maka hingga ini kita lebih mengenalnya sebagai Google.

  • HTTP dan HTTPS

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Sedangkan HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Keduanya memiliki fungsi dan tugas yang sama persis. Namun dalam pertukaran data, https menggunakan autentikasi dan komunikasi yang tersandi, sehingga dirasa lebih aman.

  • QR Code : Quick Response Code

QR code adalah teknologi praktis yang kini banyak digunakan karena mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial. Hal ini membuat QR code dinilai lebih praktis dibanding barcode karena mampu menyimpan lebih banyak data.
 

  • Internet : Interconnected Network

Hampir seluruh masyarakat menggunakannya, bahkan kini internet menjadi kebutuhan pokok di kala pandemi, karena hampir segala aktifitas yang kita lakukan menggunakan internet. Arti dari internet itu sendiri adalah suatu bentuk jaringan komunikasi komputer terbesar di dunia yang saling terhubung dengan internet.

  • Wi -fi : Wireless Fidelity

Wi-fi adalah suatu fasilitas yang dapat melakukan pertukaran data tanpa kabel, pertukaran data dapat dilakukan dengan gelombang radio. Wi-fi tentu saja mempunyai titik atau pusat akses dan biasanya disebut dengan hotspot.

  • GPS : Global positioning system

Gps menggunakan 24 satelit mengorbit di angkasa yang bertugas untuk mengirim sinyal gelombang mikro ke bumi. Sebagaimana yang kita ketahui, Gps memberikan kita informasi tentang lokasi secara global dengan bantuan sinyal satelit.

  • WWW : World Wide Web

WWW adalah sebagai penyedia data serta informasi yang dibutuhkan untuk bisa dipergunakan bersama. Ada juga fungsi WWW yang lainnya yaitu sebagai sebuah informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet ataupun yang lebih dikenal dengan sebutan user ke server.

  • IP : Internet Protocol

IP merupakan singkatan dari Internet Protokol. merupakan suatu bentuk dari pengisian dan pengalamatan paket-paket informasi yang dikirim dalam internet.

  • E-mail : Electronic mail

e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan.

  • USB : Universal Serial Bus

USB merupakan salah satu perangkat standar interkoneksi antara komputer dengan peralatan luar yang mampu mendukung kecepatan di atas 1 Mbps. USB, Universal Serial Bus, merupakan media penghubung antara komputer dengan perangkat-perangkat elektronik lainnya seperti Mouse, Keyboard, Printer, Scanner, Ponsel, Flash Drive, DVD writer, Konsol Permainan, Kamera, Modem dan bahkan digunakan sebagai media penghubung untuk mengendalikan alat-alat uji dan mesin-mesin produksi.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis