Berikut 3 Fitur Instagram Untuk Mencegah Cyberbullying
Technology
2 December 2022

Salah satu platform media sosial yang kini banyak digunakan adalah Instagram. Biasanya, Instagram digunakan untuk pekerjaan, berjualan, bersosialisasi, bahkan untuk urusan mencari jodoh. Selain memberikan layanan berbagi foto atau video, Instagram juga mempunyai beberapa fitur lain seperti Instastories, IGTV, reels, Direct Message, panggilan video dan masih banyak lagi, yang dapat memberikan dampak positif di kehidupan kita. 

Instagram Bikin 2 Fitur Lawan Cyber Bullying

Namun sayangnya, ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang melakukan tindakan cyberbullying melalui instagram. Cyberbullying atau perundungan dunia maya, adalah perilaku agresif yang bermaksud untuk menindas atau menghina kelompok kecil atau perorangan, yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan korbannya.

Beberapa contohnya adalah:

  • Menyebarkan kebohongan tentang seseorang

  • memposting foto yang bertujuan mempermalukan seseorang di media sosial

  • Mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan

  • menuliskan kata-kata menyakitkan pada kolom komentar media sosial

  • Mengucilkan atau mengecualikan seseorang dari aktivitas, atau grup pertemanan.

Untuk menghindari hal tersebut, kini Instagram telah secara resmi meluncurkan tiga fitur terbaru mereka, yang diklaim bisa mencegah penggunanya dari tindakan Cyber Bullying atau perundungan dunia maya. Berikut fitur dari Instagram yang dirilis untuk mencegah tindakan cyber bullying atau perundungan dunia maya.

1. Well-Guides

Well-Guides merupakan fitur yang menyediakan konten-konten positif untuk membantu pencegahan gangguan kesehatan mental. Namun untuk sekarang, fitur ini hanya akan tersedia untuk organisasi serta kreator yang terpilih oleh Instagram.

2. Tag and Mentions Controls

Fitur yang kedua adalah fitur yang dapat mengatur dan mengizinkan orang-orang yang boleh menandai dan mementions kita di foto maupun video. Untuk mengaktifkannya kita bisa langsung masuk ke menu pengaturan di aplikasi Instagram.

Lalu, bisa memilih menu Privasi dan kemudian memilih tab "Tag" atau "Mentions". Di tab menu tersebut kita akan disegerakan tiga opsi yaitu Semua Orang, Orang yang Anda Ikuti, dan Tidak Seorang Pun. Untuk fitur Tag Controls, kita juga bisa mengizinkan secara otomatis bagi orang-orang yang ingin menandai username kamu di dalam postingan fotonya.

3. Comment Controls

Terakhir, fitur pengaturan untuk komentar pada foto yang kita posting. Sebelumnya, kita hanya diizinkan untuk membatasi ataupun menghilangkan kolom komentar. Namun kini, Instagram menghadirkan fitur yang bisa menyeleksi komentar-komentar yang bersifat menyerang.

Selain itu,  dengan menggunakan mode "Filter Manual", kita juga bisa menambahkan kata-kata yang tidak ingin dilihat dalam kolom komentar. Dan juga, kita bisa memblokir komentar dari akun yang tidak diinginkan.

Basic Package

Pengelolahan instagram sehari-hari mulai dari riset topik hingga design

Start From
Rp500.000
/Bulan
Design
Copywriting, Caption & Hashtag
Total Feed : 12
Total Slides : 1 - 2 Slides
Total Reels : 1
Total Stories : 1 Interaksi
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis