8 Fitur Yang Diperlukan Pada Website! Jangan Sampai Dilewatkan - Jasa Buat Website Cepat
Web Development
6 June 2023

Di era digital dan kemajuan teknologi, keberadaan website tentu memiliki fungsi yang penting, baik bagi bisnis, organisasi, atau individu. Karena sebuah website akan memungkinkan kita untuk terlihat dan terjangkau oleh audiens yang luas di seluruh dunia. 

Selain itu, website menjadi saluran utama untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Nah, berikut adalah 8 fitur yang sejatinya wajib ada dan tidak boleh dilewatkan saat pembuatan website.

1. About Us

Portfolio by Vistek.id

Fitur "About Us" sangat penting untuk membangun kepercayaan, memperkenalkan perusahaan, dan membentuk citra yang baik. Fitur ini merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah website yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang perusahaan, organisasi, atau individu yang memiliki website tersebut.

Fitur ini memberikan penjelasan singkat tentang sejarah, visi, misi, nilai-nilai, dan tujuan perusahaan. Deskripsi-deskripsi ini akan membantu pengunjung untuk memahami latar belakang dan identitas perusahaan. Selain itu, fitur ini dapat berisi informasi tentang tim atau anggota penting dalam perusahaan, yang akan membantu pengunjung untuk memahami dan mengenal orang-orang di balik perusahaan. Hal ini mencakup nama, jabatan, foto, dan deskripsi singkat tentang masing-masing anggota tim. 

2. Informasi Kontak

Portfolio by Vistek.id

Fitur "Contact Us" akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi perusahaan, organisasi, atau individu yang memiliki website tersebut. Fitur ini memungkinkan pengunjung mengirim pesan atau pertanyaan langsung ke perusahaan. Pengunjung dapat mengisi formulir dan mengirim pesan yang akan diterima oleh perusahaan melalui email atau sistem pesan internal. Jangan lupa untuk mencantumkan Nomor telepon, alamat email, atau akun-akun media sosial.

3. Produk/Layanan

Portfolio by Vistek.id

Fitur produk atau layanan dalam sebuah website bertujuan untuk memperkenalkan, menjelaskan, dan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa fitur umum yang sering digunakan dalam halaman produk atau layanan di website. Sebaiknya Anda menyediakan deskripsi yang rinci tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh, keunggulan, manfaat, spesifikasi, dan informasi penting lainnya yang relevan dengan produk atau layanan tersebut. Bila ada, tambahkan gambar-gambar sebagai Galeri yang memungkinkan pengunjung untuk melihat secara visual produk atau layanan tersebut. Gambar-gambar berkualitas tinggi, foto close-up, atau tampilan 360 derajat, agar semakin membantu pengunjung mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang produk atau layanan.

4. Portfolio

Portfolio by Vistek.id

Fitur "Portfolio" pada sebuah website digunakan untuk menampilkan dan memamerkan karya atau proyek yang telah diselesaikan oleh perusahaan, individu, atau organisasi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan dalam menunjukkan keahlian, kreativitas, dan kemampuan dalam bidang tertentu. 

Fitur ini memungkinkan pengunjung untuk melihat karya atau proyek dalam bentuk gambar atau galeri foto. Setiap karya atau proyek pada portfolio sebaiknya disertai dengan deskripsi singkat atau informasi yang menjelaskan latar belakang, tujuan atau detail-detail lainnya, agar semakin menumbuhkan rasa kepercayaan dari audiens.

5. Google Analytics Support

Fitur "Google Analytics Support" pada sebuah website mengacu pada integrasi dengan Google Analytics, yaitu sebuah layanan analitik web populer yang disediakan oleh Google. Melalui fitur ini, Anda dimungkinkan untuk memantau dan menganalisis data pengunjung, perilaku pengguna, dan kinerja website secara mendetail. 

Google Analytics akan mengumpulkan data tentang jumlah pengunjung, lalu lintas website, dan sumber lalu lintas, sehingga Anda dapat memahami seberapa banyak pengunjung yang datang ke situs web Anda. Kemudian Google Analytics akan memberikan informasi tentang perilaku pengunjung di website, misalnya halaman yang paling sering dilihat, waktu kunjungan rata-rata, tingkat pentalan (bounce rate), dan alur pengunjung di situs web. Informasi ini membantu Anda sebagai pemilik website memahami preferensi pengunjung dan membuat perbaikan pada tata letak, konten, atau navigasi situs web.

6. Pricelist

Portfolio by Vistek.id

Fitur "Pricelist" pada sebuah website bertujuan untuk memberikan informasi tentang daftar harga produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan secara terstruktur dan jelas. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk melihat harga-harga yang berlaku, membandingkan pilihan, dan membuat keputusan berdasarkan kisaran harga yang ditawarkan. Harga dapat diurutkan berdasarkan kategori, jenis produk, atau urutan lain yang relevan. 

7. Artikel

Portfolio by Vistek.id

Artikel pada website memiliki beberapa fungsi penting. Salah satu fungsi utama artikel membantu website Anda dalam meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO). Dengan menggunakan kata kunci yang relevan, struktur yang baik, dan konten yang informatif, artikel dapat membantu website muncul di peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini dapat meningkatkan visibilitas dan jumlah pengunjung ke website.

Selain itu, artikel juga dapat memberikan informasi yang berguna kepada pengunjung. Artikel dapat mengandung penjelasan mendalam tentang topik tertentu, tutorial, panduan, berita terkini, tips, atau ulasan produk. Informasi ini dapat membantu pengunjung memperoleh pengetahuan baru, memecahkan masalah, atau meningkatkan pemahaman mereka tentang suatu subjek.

8. Frequently Asked Questions

Fitur yang sering disingkat dengan istilah "FAQ" ini, adalah halaman atau bagian yang berisi daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung atau calon pelanggan beserta jawabannya. Tujuan utama dari fitur FAQ adalah memberikan informasi yang relevan dan menjawab pertanyaan umum yang mungkin timbul dalam pikiran pengunjung.

Dengan memberikan jawaban langsung untuk pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan tanpa perlu pengunjung menghubungi tim dukungan atau mencari informasi lebih lanjut, diharapkan akan membantu menghemat waktu pengunjung dan memberikan kepuasan instan. Disisi lain, fitur FAQ ini akan dapat mengurangi jumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh tim dukungan pelanggan, sehingga tim Anda akan lebih fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang lebih kompleks atau spesifik.

 

Itulah 8 fitur yang tidak boleh dilewatkan pada website Anda. Dan jika Anda ingin buat website, Vistek.id selalu siap membantu untuk memiliki Website yang Anda perlukan. Segera konsultasikan apa yang Anda perlukan pada kami sekarang juga.

Website Meteor
Start From
Rp99.999
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis