5 Aplikasi Lowongan Kerja Sebagai Freelancer
Software
29 December 2022

Fakta menunjukan bahwa tiap tahun, jumlah pencari kerja selalu bertambah. Namun sayangnya, hal ini tidak berbanding lurus dengan jumlah lapangan pekerjaan, yang kian hari tampaknya semakin sulit. Terang saja para pencari kerja jadi makin saling sikut, karena takut tidak dapat kerjaan dan terus jadi beban.

Positif-Negatif Kerja Freelance

Pada Februari 2022, hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukan bahwa para pencari kerja adalah sebanyak 144,01 juta orang. Yang artinya, jumlah tersebut naik sebanyak 4,20 juta orang jika dibandingkan dengan Februari 2021.

Lalu, apa kira-kira solusinya. Solusinya Anda harus makin pintar dalam mencari pekerjaan. Gimana caranya? Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Ternyata, di era serba digital dan online ini, kita dapat memanfaatkan jasa penyedia lowongan kerja secara online.

Berikut adalah 5 Aplikasi lowongan kerja sebagai freelancer, yang bisa kamu manfaatkan, yang bisa membantu Anda menemukan lowongan kerja online dengan mudah: 

1. Freelancer

Freelancer merupakan penyedia lowongan kerja freelance secara online yang menghubungkan lebih dari 55 juta pemberi kerja dan pekerja lepas dari lebih dari 247 negara. Freelancer terbuka untuk semua orang, dan tidak Anda tidak perlu mengeluarkan biaya saat membuat akun, alias benar-benar gratis. Anda cukup melengkapi profil dan menampilkan portofolio terbaik di sana. 

2. Upwork

Aplikasi penyedia lowongan kerja freelance selanjutnya ini, berdiri pada tahun 1998. Upwork melayani lusinan industri, seperti jasa konsultasi, layanan pelanggan, teknik, pemasaran, TI, terjemahan, dan pengembangan web. Proses registrasi di Upwork relatif lebih ketat dari aplikasi lainnya, sebab jenis pekerjaan yang diberikan pun berkualitas tinggi. Agar bisa lolos di tahap awal registrasi, sebaiknya Anda menampilkan portofolio terbaik, profil yang menarik, studi kasus pekerjaan yang pernah dijalani, serta kalimat pernyataan diri. 

3. Fiverr

Bagi Anda yang mencari lowongan kerja freelance online translator, mungkin Fiverr dapat menjadi  batu loncatan untuk membangun portofolio yang baik. Fiverr berdiri di tahun 2010 dan mulai terkenal lantaran ada banyak pekerja lepas yang menawarkan jasanya dengan harga yang terjangkau. Kini, platform ini sudah melayani lebih dari 50 juta transaksi dan semakin dikenal lantaran banyak pekerjaan yang bisa diambil. 

4. Kreavi 

Kreavi adalah salah satu aplikasi penyedia kerja serta tempat untuk mencari relasi bagi kamu yang bekerja di bidang kreatif. Di kreavi, Anda dapat menunjukkan karya terbaik sambil mendapatkan penghasilan tambahan, serta mencari komunitas untuk saling berbagi. Umumnya Kreavi diperuntukkan bagi Anda yang bergerak di industri kreatif seperti desain grafis, copywriting, translator, video editing, dan sebagainya. 

5. GetCraft 

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang konten kreatif, penulis, desain grafis, influencer, fotografer, hingga pembuatan video, tidak ada salahnya untuk  mendaftar di GetCraft. Namun ingat, sebaiknya Anda menampilkan profil dan portofolio terbaik agar bisa terpilih, sebab seleksinya cukup ketat untuk memberikan pekerjaan terbaik kepada klien. 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis