Untuk Memulai Bisnis Kita Juga Harus Memiliki Business Planning
Business
2 December 2021

Bisnis plan atau rencana bisnis adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis. Selain itu, rencana bisnis juga mencakup target jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara Anda untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk solusi terhadap kendala yang muncul nantinya, dan masih banyak lagi perencanaan yang matang untuk membuka suatu bisnis atau usaha.

Kebanyakan wirausahawan atau para pebisnis gagal karena mereka berpikir bahwa dengan memulai suatu usaha atau bisnis, mereka hanya perlu menjalankan nya saja tanpa perlu memikirkan,perencanaan yang matang.

7 Hal Penting Saat Membuat Rencana Bisnis

Adapun alasan mengapa rencana atau bisnis plan itu sangat penting dalam menjalankan usaha adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengawali sebuah bisnis.

Susunlah rencana bisnis sedetail mungkin. Dengan sebuah rencana bisnis yang baik, kesempatan dan peluang Anda untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnis akan semakin besar. 

2. Mencari sumber dana

Manfaat berikut dari rencana bisnis adalah untuk mendatangkan  investor yang akan memberikan modal bisnis Anda. Sumber dana disini maksudnya yang didapat dari pihak lain, seperti investor, perbankan, atau modal ventura.

3. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Rencana bisnis akan membuat Anda lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. dengan begitu bisnis Anda dapat berkembang dengan baik. 

4. Memprediksi Masa Depan

Kegunaan berikutnya dari bisnis plan yaitu untuk memberi prediksi masa depan bisnis Anda, karena itu anda harus menyusun atau merencanakan gambaran baik jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis Anda. 

5. Untuk Meningkatkan Level Bisnis

kegunaan dan manfaat dari rencana bisnis adalah adanya kesempatan untuk meningkatkan level bisnis Anda ke tingkat yang lebih atas.

Yang perlu anda perhatikan dalam penyusunan bisnis plan atau perencanaan bisnis yaitu :

  • Visi dan misi suatu perusahan.

Visi dan misi perusahaan adalah suatu pencapaian sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan financial.

Contohnya adalah anda bergerak dibidang minuman mineral, Menginspirasi Masyarakat Indonesia untuk Hidrasi yang Lebih Sehat.

  • Deskripsi Perusahaan dan Produk atau Layanan

di dalam sebuah rencana bisnis, Anda harus memastikan deskripsi perusahaan dan produk atau layanan juga ikut tertuang. Pemaparan ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi investor.

  • Keunikan / kelebihan Produk

Anda juga harus menyertakan keunikan/kelebihan produk yang diinginkan, deskripsi ini akan membuat para investor lebih tertarik untuk mendukung Anda.

  • Analisis pasar

Analisa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar. Di bagian ini biasanya tercantum informasi terkait kondisi pasar yang akan ditembus, siapa saja kompetitor, dan siapa yang  kira-kira  akan membeli produk Anda, guna untuk meyakinkan investor.

  • Tim yang Bekerja

Bagian ini penting karena tim sangat berperan dalam meraih keuntungan untuk sebuah bisnis. Tunjukkan apa saja prestasi serta pengalaman yang pernah Anda raih bersama tim supaya investor semakin mempercayai tim tersebut.

  • Rencana Memasarkan Produk atau Layanan

Tuliskan metode terbaik yang akan dilakukan sehingga dapat menghasilkan keuntungan optimal, para investor pun pasti akan lebih yakin.

  • Analisis SWOT Perusahaan 

Pengertian dari analisis SWOT dapat diartikan sebagai analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang digunakan untuk mengevaluasi perusahaan dan mengembangkan perencanaan strategis. Anda juga perlu menuliskan apa saja peluang dan ancaman yang kira-kira bisa membahayakan bisnis tersebut. Dengan bersikap jujur seperti ini, investor akan menganggap bahwa rencana bisnis Anda lebih bisa diterima.

  • Rencana Uang Masuk dan Keluar

Hal ini akan menjadi gambaran umum bagi investor mengenai aliran uang di bisnis tersebut sekaligus perkembangan modal yang diterima dan keuntungannya.

Susunlah sebuah rencana dengan sangat detail, karena seorang investor bisa saja belum mengenal atau familiar dengan produk anda tersebut,sehingga sangat penting menjelaskan konsep anda dan hal -hal didalamnya upaya untuk lebih meyakinkan seorang investor.dengan begitu perusahaan akan berkembang.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis