Trik Cara Membersihkan Laptop
Life Style
23 May 2022

Kini laptop tidak hanya berfungsi sebagai alat kerja, namun juga bisa menjadi teman dalam menemani keseharian kita. Apalagi bagi Anda yang kesehariannya selalu bekerja dengan laptop, tentu saja mayoritas hari Anda akan dihabiskan di depan laptop.

Mari kita luangkan waktu sejenak, entah itu di akhir minggu atau di hari libur, untuk membersihkan laptop dari debu atau kotoran, agar bekerja atau menghabiskan keseharian dengan laptop menjadi nyaman.

Cara membersihkan keyboard laptop by Anugrahpratama.com

Selain membuat nyaman, ternyata menjaga dan merawat kebersihan laptop memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya adalah, membuat laptop yang kita miliki akan berumur panjang, alias awet dan tidak gampang rusak.

Karena dalam menggunakan laptop, tanpa sengaja laptop kita akan terkena debu kotoran, minyak dari ujung-ujung jari, remah-remah makanan, atau juga rambut-rambut, yang semuanya itu akan mengganggu kenyamanan serta performa dari laptop Anda. Dan perlu diingat, sebelum membersihkan laptop, pastikan laptop Anda dalam keadaan mati dan tidak sedang di charge.

Cara Membersihkan Laptop

1. Bersihkan kipas pendingin

Bersihkan kipas pendingin dan perangkat bagian dalam menggunakan kemoceng (opsional). Kipas pendingin merupakan kipas yang biasanya terdapat pada bagian dalam laptop Anda. Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun cotton bud. 

2. Menggunakan cairan pembersih khusus LCD

Untuk membersihkan layar, sebaiknya Anda menggunakan cairan pembersih yang tepat. Karena jika Anda salah menggunakan cairan, layar laptop Anda bisa rusak. Jika Anda memiliki laptop dengan layar LCD, sebaiknya Anda menggunakan pembersih LCD untuk membersihkan layar laptop Anda.

Gunakan kain microfiber yang disemprot dengan alkohol isopropil untuk membersihkan kotoran. Pastikan untuk menyeka perlahan dan dalam satu arah. Alkohol isopropil dipilih untuk cairan pembersih karena alkohol ini lebih cepat menguap, sehingga mengurangi risiko air masuk ke sela-sela. Selain itu, alkohol isopropil berfungsi sebagai pembersih.

Jika Anda memiliki LCD laptop, pastikan Anda menggunakan cairan pembersih LCD khusus agar tidak merusak layar. Semprotkan pembersih LCD pada kain microfiber dan usap layar secara perlahan dan menyeluruh! 

3. Bersihkan bagian luar laptop

Cara membersihkan bagian luar laptop sangatlah mudah. Cukup dengan mengusapkan spons ke seluruh permukaan laptop seperti atas, bawah dan samping laptop. Setelah itu, lap kembali dengan kain microfiber.

Untuk membersihkan port di bagian samping laptop, ambil kapas dan celupkan ujungnya sedikit ke dalam alkohol pembersih. Pastikan tidak terlalu basah. Kemudian bersihkan port laptop dengan cotton bud dengan hati-hati.

6. Bersihkan keyboard laptop

Keyboard Anda sangat perlu untuk dibersihkan. Karena seringkali debu, remah-remah makanan, minyak, dan kotoran lainnya menempel atau masuk ke sela-sela tombol keyboard.

Untuk membersihkannya, buka laptop dan menghadap ke bawah, lalu kocok perlahan agar kotoran kecil yang menempel bisa lepas. Bisa juga dengan meniupnya jika Anda melihat ada kotoran yang tersisa.

Untuk bagian ini, Anda bisa memulainya dengan membersihkan tuts pada keyboard menggunakan kapas yang dibasahi alkohol isopropil. Pastikan untuk menyeka tombol dengan lembut dan menyeluruh, sambil memastikan tidak ada air yang masuk di antara keyboard.

7. Bersihkan debu dan remah-remah dari sela-sela laptop

Setelah mengelap keyboard dengan cotton bud, kita bisa menggunakan air duster atau semprotan angin untuk membersihkan debu dan remah-remahnya. Bisa juga dengan menggunakan kemoceng. Saat membersihkan laptop, kemoceng dapat mengeluarkan debu dan remah-remah dari laptop Anda. Tidak hanya itu, kemoceng juga dapat membersihkan debu yang menumpuk di layar Anda. Selain itu, kemoceng juga bisa digunakan untuk membersihkan alat-alat lain seperti kamera dan handphone. 

8. Bersihkan perangkat eksternal

Jangan lupa juga untuk membersihkan perangkat eksternal anda. Seperti mouse atau hard disk agar bebas kotoran. Cara membersihkan perangkat eksternal laptop juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyekanya dengan kain yang sudah diberi sedikit alkohol.

Nah, itu dia cara membersihkan laptop Anda dengan aman. Selamat mencoba.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis