Trend Bisnis Franchise Yang Sangat Diminati. Pelajari Informasinya Berikut
Business
8 December 2021

Di jaman  sekarang ini banyak sekali orang yang membuat usaha dengan sistem franchise yang produknya telah terkenal dan diminati oleh masyarakat luas, jadi para pengusaha yang gunakan franchise tidak perlu lagi repot-repot mempromosikan ataupun memperkenalkan produknya.

Apa itu franchise? Franchise adalah waralaba yang terdiri dari dua suku kata yaitu wara dan laba. Wara artinya lebih sedangkan laba artinya untung,  jadi bisnis franchise untuk mengharapkan keuntungan lebih cepat karena para pebisnis tinggal mengikuti panduan bisnis yang sudah ada, termasuk supplier yang sudah tersedia.

Mengenal Sistem Usaha Franchise - PROGRAM STUDI MANAJEMEN | KAMPUS TERBAIK  DI SUMUT

Sistem kerja dalam franchise sendiri adalah pengusaha yang telah mempunyai nama franchise sendiri, setelah itu bagi yang ingin membuka usaha dengan menggunakan nama franchise harus membayar royalti dan biaya awal kepada pihak pemilik merek nama franchise tersebut. Guna memperluas jaringan pasar pada masyarakat.

Adapun yang ingin membuka franchise harus memperhatikan Langkah dan syarat-syarat yang telah ditentukan dan telah disepakati seperti, pastikan franchise yang diminati memiliki ciri khas, sudah terbukti telah memberikan keuntungan, telah terdaftar Hak Kekayaan Intelektual, mempunyai Standar Operasional Prosedur, mendapat support dari pemilik franchise dan memiliki catatan keuangan yang jela.

Berikut adalah tips-tips untuk memilih franchise :

1. Pilih franchise yang banyak diminati masyarakat

Pilih salah satu produk yang selalu diinginkan oleh masyarakat, tetapi jangan asal memilih produk atau franchise, kita harus mencari tahu terlebih dahulu seberapa besar masyarakat menginginkan produk tersebut agar memiliki peluang yang besar dalam jangka beberapa tahun ke depan.

2. Sesuaikan anggaran yang kita miliki

Para pengusaha harus memikirkan anggaran yang tepat agar kita buka usaha tidak menggunakan pinjaman yang berlebihan, dan juga harus mempersiapkan kebutuhan yang tak terduga.

3. Pahami kontrak dengan teliti

Kita harus pahami terlebih dahulu isi kontrak sebelum menandatangani seperti, apa saja yang membuat kontrak berakhir,  hak ahli waris dan sebagainya.

4. Tempat yang strategis

Carilah lokasi yang banyak orang ramai, tidak sulit dijangkau dan mudah ditemukan.

5. Yakinkan bahwa dalam kontrak ada jaminan

Karena dalam setiap kontrak selalu ada jaminan agar membuat pengusaha lebih yakin kepada pemilik franchise.

Keuntungan membuka usaha franchise sendiri, produk sudah dikenal oleh masyarakat luas,  adanya dukungan keamanan yang lebih kuat, manajemen bisnis sudah ada , manajemen finansial lebih mudah dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan jika ingin membuka usaha dengan menggunakan Franchise.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis