Tips Work from Home agar lebih produktif
Security
15 August 2021

Salah satu proses yang berubah semenjak Covid menyerang adalah bekerja dari rumah atau Work from Home. Banyak yang merasa kesulitan adapula yang menikmatinya. Untuk Vistek sendiri, sejak awal berdiri selalu memiliki konsep bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah memiliki keuntungan yang sebenarnya bisa kita syukuri di masa pandemi ini,  diantaranya :

  1. Lebih dekat dengan keluarga
  2. Bisa berada dimana saja dan bahkan sambil liburan!
  3. Dapat mengatur suasana kerja yang kita inginkan 

Terlepas dari itu, banyak juga yang mengeluhkan bekerja dari rumah, dengan kendala.

  1. Lebih susah berkomunikasi atau bekerja sama dengan anggota tim
  2. Resource yang terbatas 
  3. Work life balance yang tidak teratur
  4. Rumah yang kadang tidak kondusif sebagai tempat kerja
  5. Semangat bekerja yang berkurang sehingga produktivitas menurun

Sebenarnya semua kendala yang telah disebutkan diatas bisa ditangani dengan berbagai solusi! Yuks disimak beberapa tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan produktifitas.

1. Mulailah dengan mindset yang positif.

Pada dasarnya dimanapun bekerja ada kekurangan dan kelebihan.  Sama seperti WFH ada kelebihan dan ada kekurangan. Mulailah berfokus pada "kelebihan" dari WFH dan buat mindset yang positif kalau WFH tidak selamanya buruk. Karena jika kita tidak melakukannya dan justru memulai dengan pikiran yang negatif, bagaimana mau mengarah kepada yang positif dan baik. Jadi semua berawal dari pikiran ya.

Positif wfh

2. Mengatur tempat kerja yang kondusif 

Walaupun kita bekerja dari rumah, sebaiknya tetap ada ya space yang disediakan khusus untuk bekerja. Jangan sampai kita bekerja di tempat tidur. Karena tempat tidur cenderung sebagai tempat istirahat dan tubuh kita sudah mengenal pola "jika kasur itu untuk istirahat" maka ditakutkan bukannya bekerja malah istirahat. Buatlah sebuah space yang memberikan kesan "jika duduk disitu harus kerja". Hal itu akan melatih tubuh kita untuk memiliki ritme yang lebih baik, daripada bekerja di tempat tidur. 

 

3. Buatlah target atau todo list yang harus selesai

Membuat target dan todo list akan memicu kita untuk tetap berfokus serius mengerjakan pekerjaan kita.

 

4. Jam istirahat yang teratur

Bekerja dari rumah bukan berarti tidak perlu istirahat ya. Istirahat harus tetap ada tapi jangan sampai jam istirahat nya tidak teratur dan terlalu sering, bisa bisa malah ke asyikan istirahat dan lupa bekerja. Buatlah jam istirahat yang konsisten misalnya disamakan dengan jam istirahat anggota kantor atau jam istirahat yang standar yaitu pukul 12.00.

 

5. Gunakan aplikasi memadai untuk saling berkomunikasi dengan anggota tim

Semasa bekerja dari rumah komunikasi antar tim harus tetap terjaga. Sudah banyak aplikasi yang dapat membatu kita lebih baik berkomunikasi dengan anggota tim. Jangan hanya gunakan whatsApp atau telegram! Sebaiknya pilihlah fitur chat yang bisa membuat grup, bisa melihat status online/away tim kita, bisa meeting online berjamaah dan aplikasi yang bisa pin dokumen atau notes penting. Sudah banyak aplikasi bagus yang dapat support kebutuhan tim seperti : slack, Microsoft teams atau lark. Bisa juga dilihat disini untuk ulasan kami terkait aplikasi yang bagus.

6. Gunakan pakaian dan berdandan rapi

Agar kita lebih semangat dan merasakan vibe kantor ada baiknya walaupun dirumah tetap gunakan pakaian yang formal dan rapi! 

Sekian kurang lebih tips dari kami semoga bermanfaat ya! Untuk ulasan dan tips kami yang lain, check artikel kami berikutnya.

 


PT. Visi Teguh Kreatif

Software House Bandung

Jasa pembuatan website profesional


 

 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis