Tips Memaksimalkan RAM Laptop
Technology
12 January 2022

Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengerti apa itu RAM. Saat kita membeli laptop, kita pasti sering mendengar istilah RAM, pada spesifikasinya. RAM  (Random Access Memory) merupakan suatu komponen yang sangat penting, karena fungsinya membantu laptop kamu bekerja secara maksimal. 

Jenis-Jenis RAM dan Fungsinya Ternyata Berbeda, Ketahui Sebelum Membeli  Produk Gadget - Tekno Liputan6.com

RAM memiliki berbagai jenis dan ukuran, fungsi dari RAM tersebut adalah tempat penyimpanan data sementara saat aplikasi sedang berjalan. Semangkin besar RAM yang kamu miliki, maka akan semakin besar pula data yang bisa di proses secara bersamaan. Jenis dan ukuran RAM yang digunakan pada laptop atau komputer, memiliki ukuran yang berbeda. Pada umumnya RAM yang terpasang sebesar 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai dengan 32 GB. 

Mungkin beberapa orang berpendapat kalau mereka tidak memerlukan RAM yang besar. Pada kenyataannya, RAM yang dimiliki oleh laptop bawaan, biasanya tidak akan cukup untuk diisi oleh banyak aplikasi. Apa lagi untuk kamu yang hobby bermain game, setidaknya kamu membutuhkan 16 GB. Karena RAM yang besar, mampu membuat aplikasi tersebut berjalan dengan baik, cepat dan juga stabil. 

Tidak jarang dari kita juga mengalami memory RAM yang penuh, padahal kita belum menjalankan software apapun. Penyebab RAM laptop kita penuh, biasanya salah satu faktor kapasitas RAM kurang memadai.

 Berikut adalah beberapa tips atau  cara untuk memaksimalkan RAM laptop :

1. Download dan instal aplikasi

Kamu bisa mendownload dan install aplikasi pembersih cache dan junk file, ini dapat membantu membersihkan RAM pada laptop kamu.

2. Scanning virus secara rutin

Virus merupakan sebuah program yang akan berjalan pada laptop kita. Karena virus juga dapat membuat kapasitas RAM yang laptop kamu miliki semakin tipis. Virus yang berjalan di background, tanpa kita sadari kalau laptop atau komputer kita sedang terinfeksi virus dan akan memakan kapasitas RAM.

3. Mematikan aplikasi startup dan service windows

Ada beberapa jenis aplikasi yang langsung jalan ketika laptop kita nyalakan. Aplikasi tersebut biasanya dinamai aplikasi startup. Hal yang sama juga terdapat pada service program sistem di windows yang selalu aktif walaupun tidak terlihat. Maka dari itu aplikasi startup atau service windows ini harus di optimalisasi. Karena hal tersebut sangat efektif membuat kapasitas RAM 36% lebih lega.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Ada beberapa aplikasi yang akan memakan kapasitas RAM yang cukup banyak ketika laptop dibuka. Maka akan lebih baik aplikasi-aplikasi yang memakan RAM cukup banyak dihapus saja.


Semoga bermanfaat searcher!

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis