Tips Bisnis Sukses ala Chairul Tanjung
Web Development
7 December 2023

Rasanya hampir semua orang pernah mendengar nama Chairul Tanjung. Beliau adalah seorang pengusaha dan tokoh bisnis terkemuka asal Indonesia. Lahir pada tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta, Chairul Tanjung dikenal sebagai pendiri dan pemilik CT Corp, sebuah konglomerat bisnis yang bergerak di berbagai sektor, termasuk media massa, ritel, perhotelan, properti, dan keuangan. Beberapa perusahaan yang terkait dengan CT Corp termasuk Trans TV, Trans7, Transmart, Carrefour Indonesia, dan banyak lainnya.

Chairul Tanjung juga dikenal sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dan memiliki peran yang signifikan dalam dunia bisnis dan media di negaranya. Selain bisnis, ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan filantropi dan telah mendirikan Yayasan CT, sebuah yayasan sosial yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Selama karirnya, Chairul Tanjung telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya dalam dunia bisnis dan kemasyarakatan. Namanya sering kali muncul dalam daftar orang terkaya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kira-kira apa saja ya, tips bisnis sukses ala Chairul Tanjung yang dapat kita pelajari? Yuk simak ulasannya berikut ini:

  • Berani Bermimpi

Salah satu tips sukses yang dapat kita pelajari dari dia, adalah jangan takut untuk bermimpi. Dalam dunia bisnis, bermimpi bukanlah hal yang tabu. Justru bermimpi sangat diperlukan untuk mempunyai kemauan untuk mewujudkan seluruh apa yang Anda impikan. Berbagai gambaran, visi dalam masa-masa mendatang, entah itu dalam satu tahun, lima tahun atau bahkan dalam waktu yang cukup panjang sampai sepuluh tahun ke depan, biasanya berawal dari mimpi-mimpi. Jadi tidak ada salahnya bermimpi, asal target yang akan Anda capai jelas tujuan dan arahnya. 

  • Cari Dan Pertahankan Relasi

Pemicu memiliki bisnis yang sukses adalah karena Chairul Tanjung menjalin hubungan dengan relasi bisnisnya dengan baik. Salah satu prinsip yang berjasa bagi dirinya, saat ia membuka usaha percetakan waktu kuliah. Sahabatnya percaya dengan Chairul untuk memberikannya fasilitas tanpa membayar uang muka. Ia juga menekankan untuk tidak menjadi kacang yang lupa dengan kulitnya, tidak melupakan jasa-jasa dari teman atau relasinya. Hingga kini ia terus membangun relasi dan koneksi, prinsip lainnya yang berhubungan dengan tips ini adalah “Banyak koneksi, banyak rezeki.”

  • Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

Tips berikutnya, adalah kerja keras dan kerja Cerdas. Karena dalam menjalankan suatu bisnis, Anda pasti membutuhkan kerja keras dan juga kerja cerdas. Kerja keras dan kerja cerdas ini bersifat komplementer, yang berarti keduanya saling melengkapi. Etos kerja keras dan kerja cerdas ini wajib dilakukan, terutama bagi para pebisnis muda. Kerja keras artinya menggali potensi yang ada di dalam diri, sedangkan bekerja dengan cerdas dapat memberikan hasil yang maksimal.                             

  • Fokus Pada Perkembangan Bisnis

Menjalankan bisnis membutuhkan fokus dan ketekunan, pikirkanlah secara matang dan eksekusi secara bertahap, sehabis itu baru kamu bisa mengevaluasi hasilnya. Itulah yang dilakukan oleh Chairul Tanjung hingga bisa menjadi sukses sampai sekarang. Ia selalu menghabiskan waktunya untuk mengelola kembali bisnis yang ia punya, dan fokus pada perkembangan bisnisnya. Seluruh energi dan pikirannya ia habiskan untuk membangun bisnisnya yang berawal dari kecil hingga besar sampai sekarang. Maka itu, penting untuk kamu mengurus hal-hal pokok dan penting yang dapat mendorong kamu dan bisnis kamu menjadi lebih maju.

  • Perbanyak Sedekah dan Tidak Menghamburkan Uang

Semua pekerjaan dan usaha yang dilakukan patutnya dilandasi dengan rasa ikhlas dalam menjalankannya. Inilah menjadi salah satu kunci kesuksesan yang diberikan oleh Chairul Tanjung dalam meraih keberhasilan bisnis. Jika kamu telah bekerja dan berusaha secara maksimal, maka serahkanlah hasil tersebut kepada yang kuasa.

  • Asah Jiwa Berbisnis dan Berwirausaha

Chairul Tanjung ialah sosok pengusaha sukses yang banyak memberikan motivasi dalam berbisnis bagi banyak kalangan. Ia pernah memotivasi banyak orang dengan mengatakan bahwa setinggi-tingginya kamu memiliki jabatan di pekerjaan, maka tetap merupakan seorang pegawai. Akan tetapi, jika kamu memiliki sekecil-kecilnya usaha atau bisnis, maka tetap saja kamu merupakan seorang bos.

Sikap jujur dan menjaga kepercayaan adalah modal penting yang harus dijaga oleh pengusaha atau pebisnis. Sebagai seorang calon pengusaha, kamu perlu memiliki sikap percaya diri, optimis, memiliki pemikiran yang jauh, bijaksana dalam bertindak, konsisten, dan selalu berusaha berpikir secara positif dalam menghadapi tantangan.

Satu hal yang selalu dikatakan oleh Chairul Tanjung, “Gagal itu makanan sehari – hari, itu biasa,yang penting gimana menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi!”

Itulah ulasan mengenai tips bisnis agar sukses ala Chairul Tanjung. Dalam berbisnis memang membutuhkan sikap pantang menyerah dan tekun dalam berusaha. Tips dari sosok pebisnis sukses Chairul Tanjung ini dapat kamu jadikan motivasi dan wawasan dalam memulai dan menjalankan bisnis agar sukses mengikuti jejak beliau.

Web Basic

Company Profile, Website Catalog 

Start From
Rp600.000
/Tahun (Gratis Konsultasi)
6 Halaman Website
Installasi 2 Hari
Domain Gratis 1 tahun
Pilihan tema sepuasnya
Jasa edit image dengan logo
Biaya installasi 99rb
Pemasangan Google analytic SEO
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis