Tiktok Shop Di Tutup ? Yuk cari tahu lebih lanjut!
Web Development
27 October 2023

TikTok Shop telah resmi ditutup. Ini berdampak pada fitur keranjang kuning yang sudah tidak bisa Moms temui. Namun, apa sebenarnya penyebab TikTok Shop Ditutup? 

Berita TikTok Shop pertama kali heboh lantaran banyaknya keluhan dari pedagang di Pasar Tanah Abang terkait harga jual yang terlalu rendah.

Mereka mengeluhkan tidak bisa bersaing dengan harga jual di TikTok lantaran harga dari distributor saja sudah setara dengan harga jual kepada konsumen di TikTok. 

Melansir Kompas Tekno, penyebab utama TikTok Shop akhirnya ditutup adalah karena izin usaha yang berlaku di Indonesia.

TikTok mengantongi izin sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Bukan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dari Kementerian Perdagangan. 

Nah, menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 Pasal 1 ayat 17, social commerce adalah penyelenggara media sosial yang menyediakan fitur, menu dan/atau fasilitas tertentu yang memungkinkan pedagang memasang penawaran barang dan/atau jasa.

Kemudian, Pasal 21 ayat 3 menyebutkan, penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik dengan model bisnis social-commerce dilarang memfasilitasi transaksi pembayaran pada sistem elektroniknya. 

Namun, Presiden Joko Widodo juga pernah menyampaikan, perdagangan online yang membuat penjual bisa bertransaksi secara langsung di media sosial membuat anjloknya penjualan pedagang pasar. 

Sementara Kementerian Perdagangan mengkhawatirkan penggunaan data pribadi yang dilakukan oleh TikTok untuk tujuan bisnis. Alhasil, ini bisa membuat TikTok memonopoli pasar karena adanya permainan algoritma sosial media.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, media sosial TikTok bukan menjadi masalah utamanya. Tapi, TikTok harus bisa memisahkan bahwa social e-commerce harus memiliki izin tersendiri.

Jadi, antara TikTok dan TikTok Shop harus memisahkan diri tentu dengan izin yang sudah dikantongi. 

Nah, itu tadi alasan lengkap kenapa TikTok Shop ditutup. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Custom Website SI

Untuk pembuatan sistem berbasis website

 

Start From
Contact us
(Gratis Konsultasi)
Pembuatan Sistem Bisnis berbasis web
Analisa Kebutuhan Bisnis
Web Development Services
Admin data dan service maintenance
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis