Teknologi Popular Yang Trend di 2021
Technology
10 November 2021

Dari waktu ke waktu, perkembangan teknologi dunia terus berkembang. Apalagi dengan adanya wabah pandemi covid-19, tren digitalisasi teknologi semakin maju, terbukti dengan hampir semua pekerjaan dilakukan secara daring di rumah.

KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA |  by Doni Panggabean | Medium

Namun sejatinya, teknologi-teknologi ini sudah dikembngakan sejak awal tahun 2000an. Dan kini, teknologi ini semakin trend di 2021.

1. Kecerdasan Buatan (AI) dan machine learning

Kecerdasan Buatan atau AI, telah dikenal dalam beberapa dekade terakhir dan terus menjadi salah satu tren teknologi baru, karena efeknya yang menonjol pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain. AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi perjalanan, serta lain sebagainya.

2. Robotic Process Automation (RPA)

Robotic Process Automation, atau RPA , adalah teknologi lain yang mengotomatiskan pekerjaan. RPA adalah penggunaan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses bisnis, seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data, dan bahkan membalas email. RPA mengotomatiskan tugas berulang yang biasa dilakukan orang. 

3. Virtual Reality dan Augmented Reality

Tren teknologi luar biasa yang berikutnya - Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER). VR membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungan mereka. Meskipun tren teknologi ini terutama digunakan untuk bermain game, tren ini juga telah digunakan untuk pelatihan, seperti halnya VirtualShip, perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai AS.

Pada tahun 2021, kita dapat mengharapkan bentuk-bentuk teknologi ini semakin terintegrasi ke dalam kehidupan kita. Contohnya, AR dan VR bisa digunakan untuk melatih dokter melakukan operasi, menawarkan pengalaman yang lebih dalam kepada pengunjung museum, meningkatkan taman hiburan, atau bahkan meningkatkan pemasaran.

4. Internet of Things (IoT)

Tren teknologi baru yang menjanjikan lainnya adalah IoT, alias Internet of Things. Banyak hal-hal sekarang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti mereka dapat terhubung ke Internet dan satu sama lain. Teknologi masa depan ini memungkinkan terciptanya smart home, dimana berbagai perangkat, peralatan rumah, mobil dan banyak lagi, bisa terhubung lewat pertukaran data melalui Internet.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis