Pertumbuhan Sektor UMKM Paling Banyak di 2023! Apakah bisnismu termasuk ?
Web Development
27 March 2024

Tahun 2023 memang sudah lewat, namun Anda dapat mempelajari apa saja sektor UMKM yang pertumbuhan paling bagus. Apalagi jika Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis di awal tahun ini, sebaiknya Anda simak ulasan berikut agar dapat segera mulai menentukan bisnis apa yang akan Anda jalankan. 

Dengan melakukan riset dan mempelajari apa saja bisnis yang diminati dan bertumbuh pesat di tahun 2023, mudah-mudahan Anda dapat menciptakan UMKM yang hadir dengan inovasi dan ide-ide baru.

1. Bisnis Pakaian

Salah satu bisnis yang masih memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan adalah bisnis pakaian. Bisnis pakaian bisa dibilang tidak ada hentinya untuk diminati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Ditambah lagi, meningkatkan peminat fashion dari merk lokal. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

2. Bisnis Food and Beverage

Tentu bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah ada habisnya, malah akan terus berkembang dengan berbagai macam ide-ide atau inovasi baru. Peminatnya akan tetap terus ada sepanjang waktu, dari tahun ke tahun.

3. Bisnis Tour & Travel

Setelah kita bosan akibat lock down yang terjadi Selama pandemi COVID-19, dimana banyak orang yang terpaksa harus membatasi mobilitas dan tetap didalam rumah, akhirnya kini antusiasme masyarakat untuk mulai bepergian sangat tinggi. Setelah pandemi Covid-19 berlalu dan berbagai tujuan wisata mulai dibuka, kini banyak orang yang mulai bepergian ke luar maupun dalam negeri.

Pertumbuhan UMKM tersebut tampaknya didorong oleh banyak hal, beberapa faktor penting yang mendorong pertumbuhan UMKM tersebut adalah:

  • Dampak positif dari pemulihan ekonomis,

  • Peningkatan konsumsi masyarakat

  • Perkembangan teknologi digital seperti web e-commerce, yang akhirnya menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi.

Dan bagi kalian yang sedang membangun bisnis UMKM, jangan lupa untuk melakukan analisis data penjualan seperti:

  • Tren penjual, produk, atau layanan yang sedang populer

  • Merespon tanggapan dari para pelanggan terhadap bisnis mu

  • Pantau secara berkala agar dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan, agar penjualan anda meningkat.

VIP Package

Pengelolan instagram sehari-hari mulai dari riset topik hingga design

Start From
Rp2.400.000
/Bulan
Content Research & Strategy
Admin Posting
Design
Copywriting, Caption & Hashtag
Total Feed : 20
Total Slides : 3 -10 Slides
Total Reels : 6
Total Stories : 6 Interaksi
Giveaway Plan
Ads Analytic
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis