Perkembangan Teknologi Cloud Computing. Simak Detail Informasinya
Technology
3 December 2021

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, proses penyimpanan data semakin kini semakin mudah. Dahulu, untuk menyimpan data, kita membutuhkan sebuah media, mulai dari floppy disk atau disket,  CD-ROM atau CD-RW, hingga flash drive USB.

Kini, kita bisa menyimpan data di ‘awan’. Karena kini, untuk urusan penyimpanan data, telah tercipta teknologi cloud computing, maka kita dimungkinkan  untuk menyimpan data tanpa sebuah media.

Cloud Computing (komputasi awan) adalah metode penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data.

Why Cloud Computing is Booming In The Market? - GeeksforGeeks

Cloud Computing merupakan opsi yang populer karena memiliki banyak keuntungan, seperti irit biaya, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa, dan keamanan. Maka itu, tak heran banyak perusahaan atau orang-orang yang menggunakan cloud untuk menyimpan data.

Secara teknis, teknologi Cloud Computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Cloud Computing:

1. Mudah Diakses

Cloud Computing sangat mudah untuk diakses oleh siapapun dan dimanapun selama memiliki jaringan internet. Cloud Computing juga memungkinkan terjadinya sharing data atau file antar sesama pengguna. Hal ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pekerja yang bekerja secara jarak jauh.

2. Tidak Mahal dan Tahan Lama

Jika dibandingkan, dana yang dihabiskan untuk menyimpan data dengan menggunakan metode komputasi awan ini, jauh lebih murah daripada menggunakan Hard Disk. Selain itu, sudah bisa dipastikan bahwa metode komputasi awan ini lebih tahan lama. Karena biasanya, produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian tertentu, dan biasanya akan terjadi beberapa kerusakan, atau alat berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error saat telah mencapai masa pemakaian tersebut.

3. Keamanan terjamin

Selain jaminan data untuk tidak corrupt atau error, penyedia metode Cloud Computing tentunya juga menyiapkan jaminan keamanan data, sehingga data-data yang kita simpan tidak bisa diakses orang lain tanpa seijin kita.

Nah itu dia searcher penjelasan menganai cloud computing,semoga bermanfaat searcher.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis