Peran TO DO LIST untuk kinerja. Apa itu TO DO LIST ?
Life Style
17 September 2021

Kadang kita suka lupa dengan apa yang harus kita kerjakan hari ini. Karena, dalam 1 hari saja, terlalu banyak aktifitas yang kita lakukan. Maka dari itu pentingnya TO DO LIST untuk kita terapkan dalam keseharian kita. 

Apa sih arti TO DO LIST itu? TO DO LIST adalah daftar atau jadwal tugas yang harus kita lakukan. Biasanya untuk harian, mingguan atau bulanan. Todo list bisa kita buat untuk diri sendiri atau team dalam pekerjaan. 

sticky notes on corkboard

Kenapa kita harus membiasakan diri untuk memiliki TO DO LIST? Hal ini bertujuan agar kita tidak lupa dengan jadwal atau tugas kita, dan juga supaya kita bisa mengatur waktu kita dengan baik. 

Jadi hal yang susah ataupun rumit bisa dengan mudah kita kerjakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti :

1. Tulis dengan Detail, Daftar Tugas yang akan Kamu Kerjakan

Ada baiknya kamu menulis apa saja yang kamu akan lakukan, di H-1 atau bahkan beberapa hari sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan segala sesuatu yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan kamu.

2. Urutkan secara Prioritas

Setelah kamu menuliskan apa-apa saja yang ingin kamu kerjakan, langkah kemudian mengurutkannya secara prioritas. Kamu bisa mengurutkannya dari segi waktu, ataupun kamu bisa menimbang-nimbang yang mana yang lebih penting untuk kamu capai/lakukan dulu.

3. Gunakan Kalimat Penyemangat

Tidak ada salahnya kamu memberi footnote, catatan-catatan kecil, atau mungkin emoji-emoji lucu yang menghiasi TO DO LIST kamu. Atau bahkan kamu bisa memberi kalimat perintah yang diakhiri dengan tanda seru, untuk lebih menyemangati kamu. 

4. Evaluasi Hal-hal yang telah Kamu Kerjakan.

Ambil sedikit waktu untuk me’review dan mengavaluasi kegiatan kamu. Apa yang sudah terlaksana? Apa yang belum selesai? Apakah perlu ubah strategi atau mengubah susunan urutan yang telah kamu rancang sebelumnya? 

Kalau kita lihat manfaatnya yang kita dapat dari TO DO LIST, membuatnya dengan baik. Mungkin kita bisa mempertimbangkan kembali untuk melakukan to do list. 

TO DO LIST sangat banyak manfaatnya, baik secara pribadi ataupun ketika kita sedang bekerja di dalam team. Kita akan lebih disiplin dengan waktu, membantu kita untuk fokus dan mengingat kembali hal-hal yg harus kita kerjakan. Hal yang terlihat rumit akan menjadi sederhana jika kamu mengaplikasikan TO DO LIST dalam keseharian kamu.

Di era digital ini, kamu bisa dengan mudah menginstall aplikasi  di gadget kamu, yang bisa membantu kamu membuat TO DO LIST dengan mudah, seperti :

1. Wunderlist

2. Todoist

3. Trello

4. ToddleDo

Namun yang terpenting, TO DO LIST bukanlah tentang seberapa bagus dan rapi kamu membuatnya, tapi bagaimana kamu disiplin dalam menjalankan TO DO LIST yang telah kamu rancang, itulah yang lebih penting. Yakinlah, kalau kamu mencoba lebih disiplin dalam menjalani jadwal keseharianmu, pasti kamu akan menjadi seseorang yang lebih produktif.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis