Peralatan Wajib Youtuber Gaming
Esports
14 September 2021

Saat ini industri game esports mengalami perkembangan yang sangat pesat, khususnya game mobile. Perkembangan ini dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang dengan menjadi YouTuber.

Pecinta esports Indonesia sekarang ini sudah banyak, sehingga potensi Anda untuk jadi Youtuber gaming sangat terbuka lebar. Untuk menunjang pekerjaan sebagai YouTuber tentu ada alat-alat yang harus kamu persiapkan. Berikut ini adalah peralatan yang harus Anda siapkan.

Panduan Setting OBS untuk Jadi Live Streamer Game

1. Alat Rekam

Setidaknya Anda memerlukan dua alat perekam untuk menjadi seorang YouTuber gaming. Alat perekam pertama yaitu untuk merekam layar ponsel atau komputer sebagai perangkat Anda bermain game. Alat rekam yang selanjutnya yaitu untuk merekam wajah Anda atau ekspresi Anda ketika bermain game. 

Alat perekam wajah bisa menggunakan perangkat ponsel. Sementara alat perekam yang satu lagi biasanya sudah tersedia di perangkat PC atau smartphone. Anda tinggal memanfaatkan aplikasi screen recorder dari perangkat yang Anda pakai.

2 . Mic

Untuk merekam suara kamu ketika bermain game tentu memerlukan mic. Pastikan untuk memilih mic yang bisa merekam suara dengan jelas, sehingga suara yang dihasilkan juga bagus.

3. Tripod Meja

Kebanyakan para youtuber gaming menggunakan meja ketika bermain. Untuk merekam ekspresi wajah, maka Anda memerlukan tripod. Anda bisa menggunakan tripod berdiri maupun meja.

4. Lighting Softbox

Lighting Softbox ini berperan penting untuk pencahayaan sehingga wajah Anda akan terlihat jelas.

5. PC atau Komputer

Setelah proses perekaman, tentu hasilnya harus diedit supaya ketika diupload ke YouTube hasilnya bagus. Editing di PC tentu saja akan lebih mudah dibandingkan di smartphone. Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Premiere untuk editing.

6. HP dengan Spek Bagus

Seiring berjalannya waktu, ukuran game mobile juga semakin besar. Misalnya untuk game Mobile Legends saja saat ini sudah mencapai 5 GB. Jadi Anda perlu RAM dan media penyimpanan yang besar jika ingin bermain game.

Itulah beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan jika ingin menjadi  YouTuber gaming. Kami sarankan untuk memainkan game esports yang saat ini tengah tenar misalnya esports Mobile Legends. Dengan membuat konten esports ML, potensi Anda lebih terkenal menjadi lebih besar.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis