Pentingnya Branding Untuk Bisnis, simak penjelasan serta manfaatnya
Business
5 November 2021

Branding adalah sebuah strategi pemasaran, dengan cara menciptakan sebuah identitas unik agar melekat kuat di benak para konsumen,mari kita simak penting nya branding untuk bisnis itu apa sih? serta apa saja manfaat dari sebuah branding.

“Permisi, boleh pesan Aqua?” Mungkin beberapa dari kita sering kali menggunakan kata Aqua, padahal yang kita maksud adalah sebotol air mineral. Atau, mungkin kita sering menggunakan kata Honda, untuk merujuk akan sebuah sepeda motor. 

Kira-kira mengapa demikian? Salah satu penyebab hal ini dapat terjadi, adalah karena perusahaan-perusahaan tersebut telah memiliki branding yang kuat dan melekat di pikiran masyarakat luas. 

Di era digital seperti sekarang ini, branding dalam sebuah bisnis sangat mutlak diperlukan, sebagai pembeda dengan kompetitor. Hal inilah yang menjadi alasan utama, mengapa branding itu menjadi penting. Untuk menjual suatu produk kepada masyarakat di tengah persaingan dan memiliki produk yang sama tetapi beda merk, kita perlu mengelola branding agar dapat mengubah hal yang biasa menjadi luar biasa. Disini kita akan tau beberapa manfaat dari branding itu sendiri.

Branding adalah sebuah strategi pemasaran, dengan cara menciptakan sebuah identitas unik agar melekat kuat di benak para konsumen. Bisa dikatakan bahwa branding adalah suatu bentuk komunikasi antara penjual dengan pembeli. Sebuah branding bisa aplikasikan dalam bentuk nama, logo atau simbol, warna, slogan, atau bentuk desain.

Sudah Tahu Pentingnya Logo Dalam Pemasaran? Simak Di Sini | Media Indonesia

Sebuah Branding yang kuat, tentunya akan dapat memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis yang sedang dijalankan. Branding membantu konsumen dengan mudah mengenali suatu produk dan jasa yang disediakan oleh sebuah bisnis.

Selain itu, branding yang kuat, juga akan memudahkan sebuah bisnis dalam menjual berbagai merchandise, yang tentunya akan menarik bagi orang-orang untuk mengoleksi berbagai merchandise yang ditawarkan.

Terlebih, sebuah branding yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis itu sendiri. Nilai reputasi dan trust (kepercayaan) yang diberikan oleh pelanggan tentunya sangat bergantung pada kuat tidaknya branding yang dilakukan oleh sebuah tempat usaha. Ketika tingkat reputasi dan trust  yang dimiliki sudah cukup tinggi, hal ini akan menjadi aset yang dapat mempengaruhi penilaian dari masyarakat, konsumen, pegawai, investor, shareholder, provider dan distributor.

Branding tips for small business -

Dan perlu diingat bahwa, kesuksesan sebuah perusahaan dalam membangun branding yang kuat, tidak tercipta dalam satu yang singkat. Dibutuhkan kerja keras dan kegigihan serta ketekunan dalam membangun sebuah branding.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis