Penting Untuk Para Gamers Merawat PC . Cek Tips Berikut
Esports
7 December 2021

Tidak seperti komputer biasa, komputer gaming adalah komputer yang memang sengaja dirakit untuk tujuan bermain game. Kebutuhan spesifikasi PC gaming menuntut prosesor yang cepat, RAM besar, VGA berkinerja tinggi, serta storage yang mempunyai kecepatan baca terbaik.

PC gaming hadir dalam dimensi yang berbeda-beda dan memiliki beragam gaya visual. Banyak perbedaan tersebut biasanya bersifat fungsional. 

500+ Pc Gaming Pictures | Download Free Images & Stock Photos on Unsplash

PC gaming hadir dalam dimensi yang berbeda-beda dan memiliki beragam gaya visual. Banyak perbedaan tersebut bersifat fungsional, seperti pertimbangan ruang atau pendinginan, sementara yang lain hanyalah bersifat estetis.

Ingin Rakit PC Gaming dengan Budget 5 Juta? Yuk, Intip Rekomendasi  Produknya di Sini! - Jagad.id

PC gaming ada dua jenis, yaitu yang siap dipakai dan ada juga yang dirakit sendiri. PC gaming yang siap pakai merupakan pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan PC gaming, tetapi tidak memiliki waktu untuk merakitnya. Sedangkan jika ingin lebih hemat, Anda bisa mencoba untuk merakit sendiri PC gaming idaman Anda.

Tetapi harus diperhatikan perangkat-perangkat yang akan dibeli jika ingin merakit sendiri seperti :

  • Motherboard.
  • Prosesor.
  • VGA (Graphic Card)
  • RAM
  • Power Supply
  • Casing
  • Optical Drive

Berikut adalah tips-tips menjaga PC gaming :

1. Rutin Membersihkan Debu.

Minimal 3 bulan sekali harus dibersihkan ,semakin sering dilakukan akan semakin bagus. Jangan lupa untuk mematikan perangkat PC, memastikan bahwa sumber daya listrik (power supply) sudah berada dalam posisi off dan cabut semua kabel.

Jika anda memasang case pada PC gaming, pastikan anda untuk melepasnya juga. lakukan pemeriksaan kondisi case tersebut. Apabila terlihat kotor, segera bersihkan menggunakan air. Pastikan kondisinya benar-benar kering sebelum kamu memasang kembali case tersebut pada PC anda ini. 

2. Instalasi Kabel yang Baik

Kabel yang tidak rapi atau berantakan dapat mengakibatkan atau berpotensi korslet listrik. Untuk mengatasinya, sebaiknya memposisikan kabel di belakang motherboard. Jika menggunakan casing besar pada PC, kamu bisa menyediakan space di bagian belakang casing untuk tempat menyimpan kabel untuk dihubungkan ke masing-masing perangkat. Dengan begitu, kabel akan terlihat lebih rapi dan PC anda pun mempunyai arus udara yang tak terhalang.

3. Update Driver Kartu Grafis

Kabar baiknya, merawat performa kartu grafis sama sekali tidak susah dilakukan selama anda rutin melakukan update. Jika tidak dilakukan, sudah bisa dipastikan performa PC anda akan menurun bahkan sampai mengalami lag berkelanjutan. 

4. Defrag Hard Drive PC Gaming

Dengan melakukan defrag, cakram pada hard drive anda tak perlu membaca sesuatu yang telah dihapus sebelumnya. Jika kamu tidak melakukan defrag, hard drive akan terus membaca sesuatu yang sudah tidak ada dan akan membuat PC gaming berjalan lebih lambat. Namun, anda tak perlu melakukan defrag jika menggunakan SSD karena justru akan memperpendek usia SSD anda.

5. Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Sebaiknya anda menghapus aplikasi yang tidak terpakai, Untuk melakukannya, anda bisa langsung membuka Control Panel, lalu klik “uninstall a program” di bawah bagian Programs. Jika menggunakan Windows 10, anda juga bisa menghapus aplikasi dengan membuka Settings > System > Apps and Features. Kedua metode tersebut akan memberi tahu berapa ukuran setiap aplikasi dan kapan anda melakukan install-nya.

6. Jangan Menjalankan Program Lain Saat Main Game

Saat bermain game, sebaiknya anda menutup seluruh program lain agar seluruh sistem bisa tertuju maksimal pada aplikasi game yang sedang anda buka. Dengan begitu, aktivitas gaming bisa berjalan lebih optimal.

7. Aktif Scan Virus pada PC Gaming dan Update Software

Biasanya, update software kerap menambahkan beberapa fitur baru dan melakukan optimasi performa. Ia akan meningkatkan aspek keamanan sehingga perangkat anda bisa aman dari ancaman online.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis