Mengenal Lebih Dalam Esport dan Genrenya Yang Resmi Diakui KONI
Esports
8 November 2021

Bagi kalangan muda atau kaum milenial pasti tau mengenai esports atau singkatan dari Electronic Sport. Esports merupakan olahraga digital yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama. Permainan yang dimainkan oleh para pemain profesional. Olahraga yang mementingkan strategi permainan ini, dipertandingkan secara online melalui komputer atau handphone sehingga tiap pemain tidak perlu saling berhadapan secara langsung.

KONI Tetapkan Esport sebagai Cabang Olahraga Prestasi - JPNN.com Mobile

Saat ini esports sangat populer dikalangan anak muda dan perkembangan esport pun dapat dibilang cukup pesat. Cabang olahraga ini sudah diakui secara resmi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) pada tahun 2018 karena dinilai membuat peluang yang layak dikembangkan secara serius.

Adapun genre atau variasi game dalam Esport :

1. MOBA ( Multiplayer Online Battle Arena )

top-game-moba-mobile-mobile-legends-bang-bang | Sơn Zim

Game MOBA adalah game yang mengadu dua kubu untuk merebutkan atau menghancurkan objek utama milik lawan untuk memenangkan pertandingan. MOBA awalnya dimainkan melalui PC karena kompleksitas pemainnya namun, seiringnya perkembangan, MOBA dapat dimainkan di handphone. Contoh daro game MOBA adalah Dota 2, Mobile Legend dan League of Legend.

2. FPS / TPS ( First Person Shooter – Third Person Shooter )

Point Blank: Strike 2.5.5 untuk Android - Unduh

Di dalam game ini biasanya mengadu 5 orang melawan 5 orang atau per tim. Game ini menuntut reflek dan kecepatan mekanik seseorang dengan pengambilan keputusan yang cepat. contoh gamenya Point Blank dan Call of Duty.

3. Battle Royale

Top 5 battle royale games for android Top 5 battle royale games for android  Gaming was not very popular in Ind… in 2021 | Battle royale game, Battle,  The school white day

Game yang bertujuan  menjadi  orang yang bertahan sampai akhir game. Permainan yang lawannya lebih dari satu atau bisa sampai 100 orang sekaligus. Kamu bisa bermain sendiri ataupun bertim untuk melawan tim lainnya. Contohnya PUBG dan Free Fire.

4. Racing dan Sports

Game ini bertema olahraga konvensional seperti balap motor, sepak bola atau basket. Contoh permainanya MotoGP, F1 dan FIFA.

5. Auto Battler

Ibarat seperti catur, dalam permainan ini pemain biasanya melawan lebih dari 1 orang namun dengan menggunakan komposisi bidak yang sama. Tiap bidak punya kemampuan tertentu dan bisa membentuk sinergi yang memberikan efek kekuatan unik. Contoh gamenya Magic Chess dan Dota Underlords.

6. Collectible Card Games ( CCG )

Game ini menuntut kemampuan berpikir dan membaca strategi lawan. Tiap ronde yang kamu menangkan akan member damage pada kubu musuh sampai batas kekuatan habis. Contohnya Magic: The Gathering Arena.

7. Real Time Strategy ( RTS )

Game RTS mengharuskan kamu membentuk satu struktur kekuatan untuk mempertahankan koloni dan menginvasi kekuatan lain. Contohnya Starcraft dan Warcraft.

8. Fighting Games

Pemain Fighting Games akan diadu dengan pemain lain dalam kompetisi untuk menentukan satu juara di akhir turnamen. Selain itu para pemain harus mengetahui mekanik setiap karakter pilihan dan kombinasi serangan untuk mengalahkan musuh. Contohnya Super Smash Bros

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis