Mengenal Dan Mengatasi Link Phising Yang Berbahaya
Technology
1 October 2021

Mungkin diantara kalian belum tahu arti phishing dan bahaya nya. Saat ini banyak media online yang melapor tentang pencurian data. Karena itu banyak masyarakat takut kalau data mereka akan dicuri dan disalah gunakan. Untuk itu mari kita mengenal apa itu phishing.

Phishing, berasal dari kata fishing, yang berarti memancing. Phishing bisa diartikan memancing korban untuk masuk ke dalam perangkap penipuan, atau terperangkap ke dalam jebakan. Phishing merupakan salah satu sisi negatif dari dunia digital. Seperti hal nya perampok atau pencuri di dunia nyata, phishing dapat mengambil informasi rahasia milik kamu dan akan digunakan secara tidak bertanggung jawab oleh si pelaku.

Ini yang Bisa Anda Lakukan Agar Tak Jadi Korban Phising di Medsos -  Kronologi.id

Phishing dapat menyebar melalui pesan text atau iklan. Selain itu, phishing juga bisa menyebar dalam bentuk email, yang dikenal dengan istilah email phishing. Hampir 90% kejahatan di dunia maya dimulai dengan email phishing. Pelaku akan mengirimkan ribuan pesan melalui email dan mengharapkan kelengahan sang korban. Umumnya, pelaku akan menautkan virus atau malware di dalam sebuah e-mail.

Solusi Cerdas Keuangan | Smart Money

Selain itu ada juga web phishing. Web phising atau link phishing adalah situs web palsu yang dibuat sangat mirip seperti situs aslinya, baik dari segi tampilan maupun nama domain. Tujuannya tentu saja untuk untuk menghindari kecurigaan korban. Ketika korban mengunjungi situs palsu, atau mengklik link palsu tersebut, pelaku akan kemudian mendapatkan informasi rahasia,seperti nomor kartu kredit, kata sandi,atau data-data penting lainnya.

Berikut adalah beberapa ciri phishing : 

1 . Untuk email phishing, biasanya email-email jahat tersebut akan masuk ke folder spam. Mereka akan mencoba menawarkan promosi-promosi menggiurkan, atau mengatakan bahwa kamu menang undian. Terkadang judul yang digunakan oleh pelaku pun berlebihan. Hal ini bertujuan agar kamu tertarik untuk membukanya.

2. Masih tentang email phishing, terkadang pelaku menyamar sebagai orang yang kamu kenal. Namun jika kamu teliti lebih lanjut, hal itu tidaklah benar.

3. Seperti yang sudah dibahas di atas, web phising atau link phising memiliki ciri-ciri mirip seperti web atau link aslinya. Baik dari segi tampilan atau pun nama domain. Untuk mengecoh korban, pelaku akan menggunakan domain yang mirip dengan website aslinya. Contoh, www.bni.co.id, akan dibuat web palsu nya dengan domain www.bni.co.id, tentu saja dengan tampilan yang mirip seperti situs aslinya.

Cara mengantisipasi phishing, baik email phishing maupun web phishing atau link phising : 

  1. Abaikan email yang mencurigakan. 

  2. Jangan mengklik apa pun dalam bentuk iklan atau situs yang tiba-tiba muncul.

  3. Pastikan ejaan url dan domain yang hendak kamu kunjungi resmi.

  4. Aktifkan firewall kamu, dan sering update antivirus secara berkala.

 

Demikianlah informasi tentang apa itu phishing, cara kerjanya, ciri-cirinya dan tips menghindari phishing. Jadi, kamu harus lebih berhati – hati saat menggunakan internet, mengakses website, membuka email dan lain-lain. 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis