Mencegah Overheating PC Gaming Dengan Cara Berikut
Esports
30 December 2021

Masalah laptop yang tiba-tiba panas, pasti pernah dialami oleh semua pemilik laptop. Terlebih pada para gamer, yang sering menggunakan laptopnya untuk bermain game, masalah laptop panas rasanya sering dialami.

Merakit PC untuk Bermain Game pada 2019 - Klasika

Beberapa produk laptop terbukti masih memiliki kelemahan dalam mengatur temperatur bagian dalamnya. Apalagi, laptop yang sudah berumur juga cenderung tidak memiliki kemampuan pendingin sebaik waktu masih baru.

Nah, mari kita bahas lebih lanjut, bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas saat main game.

  • Tambahkan Kipas External

Langkah pertama yang paling mudah yang bisa kita lakukan, adalah dengan menambahkan cooling pad atau kipas eksternal ke laptop. Akan tetapi perlu diingat, kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Karena jika salah, kipas tambahan justru bisa membawa debu masuk ke dalam laptop. Oleh karena itu bersihkan cooling pad sebelum menggunakannya, dari debu-debu yang terlihat maupun tidak terlihat.

  • Perhatikan Posisi Laptop

Hindari meletakkan laptop pada kasur. Selain berdebu, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi terganggu. Terkadang kita tidak begitu memperhatikan kebersihan tempat laptop. Untuk itu, pastikan dudukan laptop dalam kondisi bersih agar tidak menyebabkan filter menjadi tersumbat.

  • Kurangi Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Panas terbesar yang dihasilkan oleh laptop berasal dari processor. Processor laptop akan bekerja extra ketika kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Untuk itu, sebaiknya kita tidak membuka aplikasi lain saat bermain game. Atau, jika terpaksa, sebaiknya kita hanya beberapa aplikasi penting saja saat menggunakan laptop. Tutup beberapa aplikasi lain yang tidak perlu.

  • Hindari Menyimpan Laptop Ber-Sleep Mode di Dalam Tas

Saat ingin berpergian, Jangan menyimpan laptop dalam Sleep Mode di dalam tas kita. Sleep Mode tidak membuat perangkat laptop kamu mati, tetapi hanya menjaganya berada pada power yang rendah. Jika menyimpan laptop dalam Sleep Mode di tas, panas yang dihasilkan fan akan terjebak di dalam tas dan membuat laptop menjadi lebih panas.

Saat kita harus tiba-tiba pergi tapi tidak ingin mematikannya, sebaiknya aktifkan Hibernate Mode daripada Sleep Mode jika ingin menyimpan laptop di dalam tas Perhatikan Posisi Laptop

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis