Membuat Masker Wajah Dengan Bahan Yang Ada Mudah Dirumah
Life Style
4 October 2021

Disaat pandemi covid-19 sedang melanda Indonesia, serta berlakunya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan karantina mandiri di rumah atau membatasi kegiatan di luar rumah. Oleh karena itu, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Banyaknya waktu luang yang kita miliki, bisa kita gunakan untuk merawat diri kita, khususnya untuk kita kaum perempuan. Meski pun kita hanya di rumah saja dan tidak bepergian ke mana-mana, jangan sampai kita malas untuk merawat diri.

Merawat diri agar tetap cantik tidak hanya harus melakukan perawatan di salon, tapi di rumah pun kita bisa melakukan perawatan kecantikan sendiri. Pada bagian wajah, kita dapat memakai serangkaian skincare atau masker wajah supaya tetap segar, bernutrisi dan glowing. Kita tidak perlu mahal-mahal untuk membeli masker, tapi kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Cara untuk membuat masker wajah terbilang mudah, hemat biaya dan tidak perlu takut akan adanya bahan kimia karena kita sendiri yang membuatnya. Ini dia beberapa bahan alami untuk membuat masker yang bisa kamu coba di rumah.

1. Putih telur

Putih telur tidak hanya untuk bahan membuat makanan loh. Putih telur tidak hanya mengandung protein yang bagus untuk tubuh, tetapi juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat kulit semakin baik. Manfaat putih telur untuk wajah yaitu: dapat mengatasi komedo, mengencangkan wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk membuat masker dari putih telur, kamu bisa mencampurkan putih telur dengan susu full cream atau pun kopi agar tidak terlalu bau amis pada telur.

2. Kopi

Kopi memiliki kandungan anti-oksida yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Manfaat masker kopi untuk wajah yaitu mengangkat sel-sel mati, melembutkan kulit dan juga membuat wajah terlihat lebih muda. Kopi bisa kamu campur kan dengan putih telur atau minyak zaitun.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, K dan E yang bagus untuk menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit. Manfaat dari masker zaitun untuk wajah dapat memperlambat penuaan dini dan juga menghaluskan kulit. Minyak zaitun dapat kamu campurkan dengan madu.

4. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat disukai banyak orang karena manfaatnya sangat beragam untuk kesehatan. Pisang tinggi energi dan juga karbohidrat, serta juga kaya akan mineral. Vitamin yang terkandung dalam pisang adalah vitamin B dan B6. Masker pisang dapat memutihkan wajah dan kulit menjadi cerah, caranya dengan mencampurkan pisang dan madu atau minyak zaitun.

5. Tomat

Masker yang berbahan tomat mengandung asam salisilat yang dikenal sebagai obat jerawat. Kandungan asam yang ada pada tomat dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu masker tomat dapat memperlambat penuaan dan membuat kulit menjadi lembut. Untuk membuat maskernya, kamu tinggal menghaluskan tomat saja.

6. Timun

Air yang terdapat pada timun mengandung vitamin C, vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potassium yang dapat mengatasi kulit sensitif, kering dan juga berminyak. Selain itu, dapat mengembalikan warna kulit akibat sengatan matahari, mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah penuaan dini. Memakainya sangat mudah dengan mengiris-iris timun, lalu tempelkan pada mata dan juga bagian wajah lainnya.

7. Air beras 

Saat mencuci beras, apakah kalian langsung membuang airnya? Cucian air beras mengandung 75-80% zat tepung, vitamin B, vitamin E, mineral serta anti-oksidan. Manfaatnya yaitu menghindari kerusakan pada sel kulit, mengurangi iritasi kulit dan mengurangi keriput serta menunda penuaan.

8. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera bukan hanya untuk kesehatan rambut, tapi bisa juga untuk kulit wajah loh. Lidah buaya mengandung anti-oksidan, enzim, vitamin A dan C untuk membantu mengobati luka bakar, jerawat dan melembabkan kulit.

Itulah beberapa informasi tentang bahan-bahan masker alami dan manfaatnya. Selamat mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis