Membangun List Building Untuk Strategi Bisnis. Apa Itu List Building ?
Business
19 July 2022

Sejak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh dunia, banyak hal yang berubah. Di bidang usaha misalnya, para pekerja mulai terbiasa untuk bekerja dari rumah, alias Work From Home (WFH). Begitu juga dari sisi marketing atau promosi, kita dituntut untuk lebih mengoptimalkan strategi promosi marketing melalui digital.

Ketika kita ingin melakukan usaha marketing secara digital, tentu saja kita harus berkomunikasi kepada pelanggan-pelanggan kita, yang kita dapatkan secara digital. Nah, darimana kita bisa mendapatkan daftar pelanggan kita? 

Untuk mendapatkan daftar-daftar pelanggan potensial kita, kita dapat membangun List building. Apa itu list building? List building adalah proses mengumpulkan berbagai macam data dari target konsumen Anda. Tidak hanya berupa nama dan alamat emailnya, list building juga dapat berupa alamat dan nomor telepon.

List building adalah usaha untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, secara digital, kepada target konsumen yang potensial. Kata ‘potensial’ disini menjadi penting, agar strategi market yang kita jalankan menjadi lebih efektif dan efisien, dan agar mereka tertarik dan akhirnya membeli produk Anda.

Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda

Membangun list building ini juga cocok dilakukan di awal usaha, sebagai langkah awal yang harus dipahami oleh banyak-pebisnis muda, untuk memiliki target pelanggan dan mengelolanya sehingga bisa menghasilkan omzet yang luar biasa. Karena dengan memiliki data yang sudah tersusun rapi, kita dapat mengirimkan promosi lewat media sosial maupun email yang bisa langsung diajukan tanpa menguras banyak waktu.

Pertanyaan penting berikutnya, bagaimana cara kita mengumpulkan target-target potensial untuk usaha bisnis kita? Sebagai langkah awal, Anda dapat mencatat dengan rapi, siapa-siapa saja yang pernah menjadi konsumen Anda. Kemudian untuk mendapatkan target-target potensial berikut nya, kita bisa melakukan beberapa langkah berikut.

1. Adakan Giveaway

Anda bisa memberikan pilihan untuk mendaftarkan email mereka, yang kemudian akan diberikan giveaway sebagai timbal baliknya. Cukup letakkan sebuah link yang akan langsung membawa mereka untuk mendaftarkan email mereka. Jika Anda bisa melakukan giveaway dengan benar, strategi ini bisa benar-benar membantu dalam membangun daftar email Anda

2. Gunakan tools Qualaroo

Kemudian, Anda juga dapat menggunak tools untuk membantu list building dan membangun daftar email Anda dengan cepat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tools survey Qualaroo. Tool ini adalah sebuah website khusus survey yang menanyakan pertanyaan survey langsung ke pengunjung website Anda ketika mereka mengunjunginya.

Hal ini dilakukan dengan bertanya kepada pengunjung dengan menggunakan Qualaroo, di mana ada fitur jika mereka memilih yes, maka email yang mereka masukan akan secara otomatis terdaftar di daftar list building Anda.

3. Optimasi halaman konfirmasi e-mail

Terkadang orang yang sudah memasukkan alamat email mereka, tidak langsung mengkonfirmasi email mereka. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengoptimasi halaman konfirmasi email Anda. Bagaimana caranya?

  • Dengan menyebutkan kembali apa saja manfaat yang akan mereka dapatkan jika mereka berlangganan email dari Anda.

  • Gunakan call-to-action yang kuat, seperti misalnya ‘Ayo segera subscribe sekarang’. 

  • Anda bisa menjelaskan cara konfirmasi email dengan memasukkan panduan visual di e-mail yang Anda kirim.

 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis