Membanggakan, Team Esports Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri
Esports
29 October 2021

Selama hampir satu dekade, perkembangan esports di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak bisa dipungkiri kalau esports telah berubah dari yang dulunya hanya sekedar hobi bermain, kini telah menjadi industri yang sangat populer di indonesia. Berawal dari team-team kecil yang dibuat oleh beberapa komunitas gamers untuk berkompetisi di tingkat nasional, kini beberapa team esport indonesia bahkan telah berekspansi ke luar negeri untuk bertarung di kompetisi-kompetisi internasional.

Sebenarnya masyarakat Indonesia sudah mengenal dan memainkan esports sejak tahun 1990-an, saat internet mulai berkembang. Namun sejak mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, barulah esport berubah dari sebuah hobi menjadi sebuah industri besar. Contohnya turnamen Piala Presiden dan Piala Menpora, yang merupakan peran pemerintah untuk menyediakan wadah bagi para atlet esports Indonesia, agar bisa memberikan prestasi terbaik meraka baik di dalam maupun diluar negeri.

SEA Games: E-sports receive warm welcome as Philippines stun Indonesia for  gold - Sports - The Jakarta Post

Sangat membanggakan, bukan? Mereka telah mengharumkan nama Indonesia dan mengibarkan bendera Merah Putih dengan hobi yang mereka tekuni. Berikut adalah beberapa team esport Indonesia yang sudah dikenal oleh mancanegara.

1. EVOS Esports

Industri Game Asal Indonesia Rambah Bisnis Internasional

Merupakan salah satu team yang sering berpartisipasi dalam kancah internasional. Team yang berlogo Harimau Putih ini, adalah team yang ditakuti dan disegani oleh lawan-lawannya, karena permainannya sangat bagus. Dalam game Mobile Legend, misalnya, EVOS team adalah team yang terkuat se Asia Tenggara.

2. RRQ Esports

RRQ Sena, Sempat Dibubarkan hingga Mencuri Panggung Internasional -  INDOSPORT

Rex Regum Qeon, atau yang lebih dikenal dengan Team RRQ, telah mempunyai berbagai gelar prestasi di dunia esports, baik di Indonesia hingga Mancanegara. Terhitung Rex Regum Qeon ini telah menjadi 4 kali juara dunia. RRQ Kingdom, yang merupakan sebutan bagi para pendukung team RRQ ini, gencar mengumandangkan tagar #StopMenghinaMariBerkarya, sebagai bentuk dukungan secara positif, tidak hanya kepada team RRQ tetapi juga kepada seluruh gamers di Indonesia, agar saling menghormati antar pendukung team  esports di Indonesia.

3. BOOM Esports

BOOM Esports: Tim Tanah Air yang Kian Membuas dan Mendunia - Esportsnesia

BOOM merupakan singkatan dari Best On Our Mind. Mereka memiliki beberapa divisi, seperti Counter Strike, DotA 2, Free Fire, dan beberapa game lainnya. Mereka mempunyai misi tersendiri, yaitu mencari atlet-atlet dari indonesia untuk bertarung di panggung esport international.

4. Aura Esports

Player ke-4 Aura Esports PUBGM Seorang Grenade Master, Siapa Ya?

Team yang terbentuk pada tahun 2018 lalu ini, sangat powerful dengan divisi Free Fire nya. Karenanya, mereka tak ragu untuk langsung ekspansi ke luar negeri. Team ini bisa dibilang sebagai pelopor gaya bermain meta Diggie Feeder, karena team Aura PH adalah yang pertama kali mempopulerkan gaya main tersebut, hingga banyak diterapkan oleh team-team lainnya.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis