Ketahui Jenis-jenis Font Yang Sesuai Dengan Kebutuhan
Web Development
18 February 2022

Font adalah hal unsur yang penting dalam membuat karya desain, karena tiap jenis font memiliki fungsi yang berbeda pula terhadap penggunaannya. Seorang desain grafis perlu memahami berbagai jenis font yang akan dipilihnya. Seorang desain grafis yang baik tentu telah belajar tentang tipografi, yaitu ilmu yang mempelajari jenis huruf.

18 Jenis Font yang Paling Sering Digunakan - Pinhome

Tipografi adalah ilmu atau kemampuan menata huruf atau aksara, untuk publikasi visual, baik cetak maupun non cetak. Diharapkan dengan menerapkan ilmu tipografi, pembaca bisa mendapatkan kesan tertentu serta merasa nyaman ketika membacanya. Tipografi tidak hanya menekankan penataan huruf, namun juga termasuk penyebaran huruf tersebut pada ruang yang tersedia.

Dalam tipografi, font-font yang ada, secara mendasar dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu: Sans-serif, Serif, Script, dan Decorative.

1. Sans-Serif

Dikutip dari wikipedia, dalam tipografi, huruf tanpa kait atau huruf nirkait (bahasa Inggris: sans-serif) adalah jenis huruf yang tidak memiliki kait pada bagian ujung huruf. Kata sans, yang berasal dari bahasa Prancis, memiliki arti tanpa, sedangkan serif adalah bagian yang berbentuk kait di ujung strokes.

Sans-Serif sekilas tampak terkesan kaku dan polos. Beberapa jenis font yang termasuk dalam kategori sans-serif adalah Arial, Calibri, Verdana, Tahoma. 

2. Serif

Kebalikan dari sans-serif, huruf huruf serif memiliki sedikit dekorasi atau kait-kait yang terletak pada ujung-ujung huruf. Times New Roman adalah  salah satu contoh font yang paling dikenal, yang termasuk dari keluarga serif

3. Script

Awalnya, jenis huruf ini sekilas mirip dengan tulisan-tulisan tangan jaman kuno. Maka dari itu, font-font jenis ini juga kemudian dikenal sebagai kategori handwritten. Monotype Corsiva, Lucida Handwriting, English Letters, adalah beberapa jenis font yang termasuk dalam kategori ini.

4. Decorative

Yang tidak termasuk di 3 kategori diatas, akan otomatis dikategorikan sebagai kategori decorative. Jenis font ini hadir sebagai bentuk ekspresi seni dalam bidang desain.

Tentu kini banyak jenis-jenis font yang bermunculan, apalagi kini seorang desainer bisa membuat dan mengupload font buatan mereka sendiri. Terus perbaharui informasi Anda tentang font, agar Anda bisa memilih font yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis