Kenapa Sistem Informasi Penting?
Software
5 August 2021

Penerapan Sistem Informasi dapat memberikan banyak manfaat dalam bisnis dan membantu dalam mengendalikan seluruh proses yang terjadi dalam internal perusahaan maupun proses eksternal. Sistem Informasi bisa juga dikatakan sebagai "mengkomputerisasi bisnis proses".  Berikut adalah beberapa keuntungan penggunakan Sistem Informasi :

1. Mempermudah Pengolahan data

Seprti yang kita ketahui, Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang menggabungkan teknik komputer dengan Manajemen atau Bisnis. Setiap bisnis ataupun sebuah sistem pasti berkaitan dengan penyimpanan data, pengolahan data dan aksi - aksi lainnya terhadap data. Jika bisnis tidak memiliki aplikasi sistem informasi maka pengolahan data akan dilakukan secara manual dan membutuhkan banyak waktu. Dengan adanya aplikasi / membuat website sistem informasi diharapkan pengolahan data tidak lagi menjadi manual. Dengan adanya Sistem Informasi diharapkan seluruh proses pengolahan data menjadi lebih cepat dan lebih mudah. 

2. Memperbesar bisnis auto pilot

Sebuah bisnis yang dapat berjalan sendiri (auto pilot) sudah banyak menjadi impian para Entrepreneur. Sebuah bisnis yang tidak memiliki sistem yang jelas atau memadai akan mengalami kesulitan untuk berkembang menjadi lebih efisien dan cepat. Terlebih jika data yang dioleh oleh sistem tersebut sangatlah banyak. Jika semua proses dapat dikontrol dari jauh dan secara sistematis maka sistem auto-pilot dapat diwujudkan. Pemeriksaan proses dapat dilakukan dengan cepat, laporan hasil dapat dianalisa dengan data yang terstruktur. Untuk mencapai tujuan itu, bisnis kita harus memiliki sebuah aplikasi berbasih website (agar dapat diakses dimanapun) dan Sistem Informasi yang baik.


3. Membantu pengambilan keputusan

Sistem Informasi Bisnis, memudahkan proses pengambilan keputusan dan menyederhanakan proses penyampaian informasi yang diperlukan dan karenanya membantu dalam mengambil keputusan yang lebih baik secara instan.


Sistem Informasi bisa dibangun dengan cara mengembangkan aplikasi, membuat website sistem informasi ataupun menggunakan tools yang sudah ada. Tergantung dengan kondisi dari bisnis yang ditangani. Jika bisnis proses yang dimiliki bersifat umum atau general bisa menggunakan tools yang sudah ada. Jika bisnis proses dari perusahaan atau organisasi berbeda ada baiknya menggunakan jasa pembuatan aplikasi atau jasa pembuatan website profesional. Kami Vistek, siap membantu anda mempermudah proses kerja dari bisnis anda dengan membuat website sistem informasi sesuai kebutuhan anda.
 

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis