Kenali Strategi Voice Search Bisa Meningkatkan SEO
Technology
11 October 2022

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO, merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk menaikan traffic sebuah website, agar website tersebut  berada di rangking teratas dalam mesin pencarian. Dan kini telah hadir teknologi voice search yang semakin mewarnai dunia SEO. Sebenarnya, apa voice search itu?

Strategi SEO: Tips Optimasi Website untuk Google Voice Search

Sederhananya, voice search berarti mencari lewat suara. Melalui voice search, kita  tidak perlu lagi menuliskan keyword di mesin pencarian. Kita cukup mengucapkan apa yang ingin dicari, lalu hal tersebut akan muncul di layar handphone.

Sebenarnya untuk mengoptimalkan metode voice search atau penelusuran melalui suara ini, masih menggunakan kata kunci atau keyword, namun lebih tertuju terhadap fokus suara. Berikut adalah beberapa strategi yang harus Anda perhatikan untuk mengoptimalkan voice search:

1. Pahami Target Audiens

Sama halnya dengan kata kunci, Anda juga perlu memahami lebih dalam tentang konsumen dan perilakunya. Misalnya, dimana lokasi mayoritas konsumen Anda, kebiasaan apa yang mereka minati, dan juga perangkat apa yang mereka gunakan. 

2. Fokus pada Kata Kunci yang berkaitan dengan Pertanyaan

Kemudian, agar optimasi voice search bekerja dengan maksimal, maka fokuslah dalam pemilihan kata kunci pencarian long tail keywords, yaitu kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword dan lebih spesifik, agar tingkat persaingan kata kunci relatif masih sedikit. 

3. Miliki FAQ dalam Halaman Website Anda

Dalam mencari informasi, kita biasanya mengawalinya dengan kalimat tanya, seperti “Siapa”, “Apa”, “Dimana”, “Kapan”, “Mengapa”, dan “Bagaimana”. Nah, Anda dapat menambahkan kata-kata tersebut dalam konten FAQ dan tentunya disertai dengan jawaban.

4. Utamakan Pencarian Mobile

Kini, pencarian sesuatu di internet telah banyak menggunakan perangkat media mobile. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk lebih memperhatikan pengguna yang menggunakan perangkat mobile. 

Voice Search telah menjadi teknologi yang dapat memudahkan kita dalam mencari informasi. Untuk itu, kita perlu mempelajari strategi optimasi voice search untuk kebaikan bisnis Anda.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis