Kenali Desain Grafis Salah Satu Skill yang Selalu Dibutuhkan
Software
28 October 2021

Apa itu desain grafis? Secara sederhana, desain grafis adalah seni keterampilan dalam berkomunikasi secara visual. Seorang desainer grafis menggunakan elemen-elemen dasar seperti bentuk, warna, garis, dan tekstur, untuk menghasilkan berbagai karya, yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kepentingan bisnis. Karya-karya tersebut dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, desain informasi, dan secara visual dapat menyampaikan pesan dalam publikasi. 

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Cara Memilih Jasa Desain Grafis Terpercaya dan Profesional - Fastwork.id

Seorang desainer grafis diharapkan mampu membuat logo, desain brosur, desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.

Ada dua kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis, yaitu:

1. Kreativitas

Sebagai seorang yang bekerja di bidang desain, tentu penting untuk memiliki kreativitas yang tinggi dalam membuat desain yang unik. Tanpa kreativitas, tentu akan sulit bersaing dengan kompetitor yang ada saat ini.

2. Komunikasi

Selain kreativitas, skill komunikasi juga penting dimiliki oleh desainer grafis. karena, profesi ini akan selalu berhubungan dengan klien dan menjelaskan mengenai elemen-elemen dasar dari desain.

Berikut adalah beberapa contoh software yang sering digunakan oleh desain grafis :

1. CorelDraw

CorelDRAW Graphics Suite 2021 - Business License | CorelDRAW

CorelDraw adalah perangkat lunak desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat gambar dua dimensi. Seperti logo, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor berdasarkan garis. CorelDraw dapat digunakan untuk pelajar, desainer grafis profesional, dan ilustrasi teknis.

2. Photoshop

Download Adobe Photoshop CC 2021 Gratis

Bagi seorang fotografer Photoshop bukanlah sebuah istilah yang asing ditelinga, keberadaan salah satu software editing foto yang satu ini cukup banyak diminati oleh fotografer mulai dari fotografer pemula bahkan sampai fotografer profesional

3. Adobe Illustrator

Jual ADOBE ILLUSTRATOR CC 2019 Full Version Include Video Cara Install di  Lapak DFA STORE | Bukalapak

Masih dari perusahaan Adobe, Adobe Illustrator adalah sebuah software yang berfungsi menciptakan karya grafis. Karya-karya yang bisa kamu buat di antaranya logo, ikon, ilustrasi, kemasan produk, tipografi, hingga iklan besar di billboard. Melansir dari situs resminya, hasil olah grafis dari aplikasi ini berbentuk Vektor. Vektor adalah sebuah tipe gambar yang tidak mungkin pecah meski diperbesar berkali-kali. Inilah yang membuat Adobe Illustrator cocok untuk dimanfaatkan dalam pembuatan ilustrasi apa pun, termasuk logo dan ikon.

Nah, melihat popularitas sebagai design grafis yang semakin berkembang, mungkin mempelajari desain bisa menjadi opsi untuk kamu..

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis