Bagi Anda yang merupakan fresh graduate (lulusan baru) yang memiliki rencana untuk melamar pekerjaan atau bahkan mungkin sudah mendapatkan panggilan wawancara kerja, tentu Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Jangan menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Umumnya, interview merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui pada saat melamar kerja. Interview akan menjadi sarana bagi sebuah perusahaan untuk menilai karakter dan kemampuan seseorang, untuk dapat diterima bekerja dengan mereka.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview di Hotel

Namun tahukah Anda, sebenarnya ada dua tahapan dari interview yang dilakukan oleh sebuah perusahan? Dua tahapan tersebut adalah wawancara bersama HRD dan kemudian wawancara user interview.

Interview HRD adalah tahapan pertama yang akan dilalui setelah lulus psikotest atau bisa juga langsung setelah memasukkan lamaran.

Sedangkan Interview user yaitu tahapan lanjutan dalam proses penerimaan kerja setelah interview HRD. Jenis wawancara tersebut dilakukan dengan tujuan agar calon user di kantor lebih mengenal kemampuan dan kepribadianmu. Selain itu, interview user juga berguna untuk menggali kemampuan teknis yang ada di dalam CV.

Perbedaan mendasar dari kedua jenis interview tersebut adalah siapa yang melakukan interview terhadap sang pelamar kerja. Interview HRD tentu saja dilakukan oleh Human Resource Development, salah satu divisi di suatu perusahaan, yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam mengelola karyawan, mulai dari mengadakan rekrutmen, melakukan pelatihan, menentukan salary, dan memberikan kompensasi. Sedangkan User Interview akan diwawancara oleh calon atasan langsung, atau Kepala Divisi atau Kepala Bagian yang bersangkutan.

Agar lolos seleksi seluruh tahapan interview, tentunya Anda harus persiapkan diri Anda dengan antusias dan rasa percaya diri yang besar. Namun Jangan sampai rasa kepercayaan diri berlebih membuat Anda menjadi kurang persiapan. Anda wajib mempresentasikan diri Anda dengan baik saat melakukan wawancara dengan HRD maupun dengan Kepala Divisi atau Kepala Bagian perusahaan, saat User Interview. Mulai dari perkataan hingga penampilan, Anda harus mampu tampil meyakinkan dan tampak profesional.

Tidak hanya penampilan, ternyata gaya bicara, pemilihan kata, dan bahasa tubuh merupakan faktor yang penting saat menjalani interview kerja. Karena hal-hal tersebut akan menjadi bahan pertimbanagam, untuk menggambarkan kecakapan Anda dalam berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor.

Semoga sukses di tempat kerja baru Anda!