Ide - ide Bisnis Untuk Para Generasi Milenial
Business
17 May 2022

Bagi kita para generasi milenial, berusaha mendapatkan pekerjaan adalah hal yang mutlak dilakukan sejak awal. Kita sebagai generasi milenial, sebaiknya memiliki minat untuk berbisnis sejak di usia muda.  Kita dapat memikirkan untuk memiliki bisnis mandiri, yang berarti kita dapat mengatur sendiri sumber daya serta juga kegiatan-kegiatannya. Misalnya seperti, menentukan produk yang akan dikembangkan, menetapkan harga jual, menyusun rencana bisnis hingga pemasaran/pengenalan produk tersebut.

Alangkah baiknya jika kita sedari muda telah memiliki bisnis yang tidak hanya  memberi profit untuk diri kita sendiri, serta dapat menuangkan ide kreatifitas kita, namun kita juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dan yang terpenting,  kita akan lebih mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Memang untuk membuat usaha sendiri di usia muda, tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Kita harus memikirkan matang-matang usaha apa yang akan kita buat. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi pengusaha muda dan sukses :

1. Membuat perencanaan yang matang

Dalam usaha bisnis agar kita tidak salah langkah, kita harus benar-benar Menyusun struktur perencanaan bisnis seperti modal, kualitas bahan, promosi, target pasar, lokasi penjualan dan masih banyak lagi. Juga penting untuk memperhatikan hal-hal kecil untuk membangun bisnis.

2. Cari pembimbing yang telah berpengalaman

Mintalah nasehat pada pembimbing bisnis yang telah berpengalaman dan telah sukses berbisnis terlebih dahulu, jangan malu untuk menanyakan sesuatu yang belum dimengerti dalam membuka usaha mintalah solusi sebagai bahan pertimbangan sebelum membuka bisnis.

3. Berani ambil resiko

Dalam dunia perbisnisan tidak akan selalu mulus dan juga tidak langsung berhasil, pastinya akan ada naik turunnya usaha. Kita juga harus siap jika usaha yang kita buat gagal itulah resiko dalam perbisnisan.

4. Percaya pada diri sendiri

Sebelum memulai kita harus percaya pada diri kita sendiri bahwa kita dapat melakukannya dengan lebih baik, dan kita bisa melewati setiap tantangan dalam berwirausaha. 

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba untuk memiliki bisnis di usia muda, berikut adalah beberapa ide bisnis atau usaha yang bisa kalian coba :

  1. Warung kopi

  2. Reseller \ Dropshipper.

  3. Snack Kering

  4. Bisnis fashion dan aksesoris

Itulah beberapa tips yang dapat kita jalankan dalam menjadi wirausaha, yang paling penting dalam membuka usaha adalah rasa percaya diri dengan begitu ide ide kreatif akan muncul dengan seiring berjalannya waktu.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis