Hati-hati Scam! Pelajari Ciri-ciri Tentang Situs Web Palsu
Web Development
6 December 2021

Dalam keseharian kita, internet tentunya memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu. Tetapi tanpa kita ketahui, internet juga bisa menjadi tempat yang berbahaya jika kita tidak berhati-hati saat kita menggunakannya.

Karena kini banyaknya beredar luas situs-situs web browser, penggunanya bisa saja mengalami penipuan dan identitasnya pendapat di curi oleh situs palsu. Apalagi di zaman yang serba digital, berselancar di dunia maya sudah menjadi kegiatan yang melekat di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu saat menjelajahi internet sangat penting bagi kita untuk mengakses situs yang aman dan kredibel.

Contohnya, diawal tahun 2021, muncul penipuan online yang bernama GrabToko, yang mirip dengan nama perusahaan terkenal yakni Grab. Situs yang mengaku sebagai e-commerce ini, menjual ponsel dengan harga yang lebih murah. Atas kasus ini, pihak kepolisian sudah menangkap YMP (33 tahun) atas dugaan penipuan terhadap 980 konsumen dan pencucian uang. Total kerugian akibat tindak kejahatan ini Rp 17 miliar

12 Tools Scammers Use to Commit Online and Phone Fraud

Selain itu, ada banyak jenis ancaman cyber, diantaranya adalah scam yang merupakan penipuan digital. Biasanya mereka menggunakan web palsu untuk mengelabui kita. Tujuannya pun bermacam-macam, mulai dari mencuri informasi pribadi, mencuri uang dari situs undian berhadiah palsu dan banyak lainnya. 

Untuk itu, supaya kita terhindar dari web palsu ataupun website yang tidak kredibel, mari kita bersama-sama memperhatikan beberapa tips berikut: 

1. Cek URL

Salah satu cara yang paling mudah, adalah dengan melihat URL dari situs yang akan kita tuju. Situs web yang menggunakan tag HTTPS, biasanya lebih aman dan terpercaya dibandingkan dengan situs yang menggunakan HTTP. 

2. Perhatikan kata yang digunakan

Biasanya situs palsu menggunakan kata - kata yang tata bahasanya salah, ejaan yang aneh dan ada kata yang hilang. Bisa jadi itu situs yang tidak dapat kita percaya. 

3. Banyaknya iklan

Jika situs web yang menampilkan banyak iklan, kemungkinan besar itu adalah situs palsu. Karena tujuan utamanya adalah menjual iklan pada penggunanya. Dengan menipu seseorang untuk mudah tertipu untuk tetap meng klik iklan tersebut. 

Kejahatan cyber memang sering terjadi baik di dalam negeri maupun luar negri. Apalagi dewasa ini masyarakat modern sudah semakin banyak memiliki akses digital, sehingga potensi kelalaian akan semakin besar. Maka dari itu, kamu harus selalu teliti dalam berselancar di jagat dunia maya.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis