Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Proposal Bisnis,Simak Info dan Tipsnya
Business
4 November 2021

Di dalam dunia usaha, perihal membuat proposal sudah tentu menjadi hal yang umum untuk dilakukan. Ketika kita memiliki sebuah barang atau jasa yang sesuai dengan permintaan pasar dan dirasa mampu bersaing di pasaran, kita bisa menuangkannya dalam sebuah proposal untuk ditawarkan kepada calon pelanggan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat proposal bisnis.

Kata proposal itu sendiri disadur dari bahasa inggris “to propose”, yang berarti mengajukan. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang, dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian.

Dengan kata lain, Proposal merupakan suatu bentuk pengajuan atau penawaran, baik berupa gagasan, ide, maupun sebuah rencana kepada pihak lain. Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan suatu dukungan, persetujuan, atau sebuah hubungan kerjasama.

Tentunya dalam membuat proposal, tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya proposal Anda dapat diterima dengan baik.

Berikut adalah beberapa hal penting dan tips membuat proposal yang dapat anda perhatikan :

  • Susunlah proposal dengan kerangka yang jelas

Secara umum, setiap karya tulisan terdiri 3 kerangka utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Contohnya di bagian pembuka, anda bisa mencantumkan nama bisnis, berapa peluang keberhasilan dan modal yang kita butuhkan. Begitu pun dengan proposal bisnis yang Anda buat.  Proposal usaha harus disusun secara singkat, padat, dan jelas. 

  • Gunakan bahasa tegas, namun yang mudah dimengerti

Saat menulis proposal, penting untuk menggunakan tata bahasa yang tepat. Gagal menunjukkan keterampilan menulis yang solid meningkatkan kemungkinan calon klien menolak proposal bisnis kita. Pastikan proposal bebas dari kesalahan tata bahasa dan tipografi.

  • Presentasikan proposal dengan Baik

Proposal bisnis tanpa daya tarik visual tidak dapat menjadi bahan bacaan yang menarik. Bahkan bila perlu, cetak proposal Anda pada kertas berkualitas bagus dengan finishing yang ekslusif.

Semoga beberapa tips berikut bisa membantu dalam membuat proposal yang akan di buat.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis