Dongeng Digital Audiobook
Technology
29 September 2021

Buku adalah jendela dunia. Tentunya kita tidak asing dengan kalimat yang satu ini. Karena memang, banyak membaca buku akan dapat menambah wawasan kita. Beberapa pahlawan besar bangsa Indonesia adalah orang-orang yang gemar membaca. Bung Karno, Bung hatta, Sutan Sjahrir, R.A Kartini, diketahui bahwa mereka sangat gemar membaca buku. Kedekatan dengan buku lah yang membuat mereka berwawasan luas dan berpikiran besar, serta paham betul akan pentingnya kemerdekaan.

Buku itu, tentunya ya dibaca dong. Eits, tunggu dulu. Di jaman sekarang buku itu bisa didengarkan loh. Kamu sudah tahu dengan istilah Audiobook belum? Audiobook berasal dari gabungan dua kata; Audio yang berarti suara, dan book yang berarti buku. Jadi kesimpulan sederhananya, Audiobook adalah buku dalam bentuk suara. 

Seseorang yang sedang menggunakan headset

Audiobook ini sangat cocok untuk kalian yang hobi dengan membaca, tapi tidak punya waktu untuk membaca. Saat kamu di sibuk kan dengan aktivitas sehari-hari, kalian tetap bisa menyalurkan hobi membaca kamu, sambil melakukan aktivitas lainnya, di mana pun dan kapan pun, jadi kamu bisa menikmati buku tanpa harus membacanya. Mendengarkan buku, mungkin bisa menjadi lifestyle kamu yang baru.

Kamu juga bisa gunakan Audiobook untuk mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa asing. Tidak sedikit orang tua yang menggunakan Audiobook untuk memperkenalkan bahasa asing kepada anak mereka. Ada beberapa situs yang menyediakan free Audiobook khusus untuk anak-anak, yang berisi tentang edukasi dan cerita anak. Bahkan di beberapa tempat, Audiobook adalah metode pengajaran yang digunakan untuk murid tunanetra.

Melatih daya ingat dan meningkatkan imajinasi, juga merupakan manfaat dari Audiobook. Mendengar buku juga dapat menjaga kesehatan mata kamu.

Berikut adalah 4 rekomendasi audiobook yang bisa kamu coba :

1. Aplikasi Audible

Bisa dibilang, aplikasi ini adalah generasi awal dari aplikasi-aplikasi audiobook yang ada. Kamu tinggal cari dan download aplikasi ini di playstore kamu 

2.  Aplikasi Listeno

Sama seperti Audible, kamu juga bisa cari aplikasi ini di playstore. Karena Listeno ini adalah produk lokal, jadi kebanyakan file-file audio yang tersedia adalah dalam bahasa indonesia.

3. Situs Lightupyourbrain

Kamu juga bisa masuk ke https://lightupyourbrain.com/ untuk mencari Audiobook untuk anak-anak. 

4. Situs Storynory

Ada juga situs lainnya yaitu, https://www.storynory.com/ yang bisa jadi referensi kamu.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, dan tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai new lifestyle atau hobi baru kamu.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis